Festival Indonesia Digelar di Prancis, Ini Sederet Kekayaan Nusantara yang Ditampilkan

Selasa, Juni 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Gamelan di Amerika (VOA)


KONSULAT Jenderal RI di Marseille akan menyelenggarakan Festival Indonesia di kota Aurons, Prancis, pada 19–26 Juni 2021, setelah melakukan persiapan sejak akhir tahun lalu.

“Kegiatan Festival Indonesia itu merupakan ajang promosi sosial budaya pertama yang digelar KJRI Marseille sejak pemberlakuan pembatasan sosial kedua mulai paruh akhir 2020,” demikian disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Pada Festival Indonesia di kota Aurons nanti, para pengunjung akan dapat menikmati berbagai rangkaian kegiatan.

Pada hari pembukaan pada 19 Juni 2021, pengunjung akan disuguhkan permainan musik tradisional gamelan oleh grup musik Gamelan Bintang Tiga yang akan tampil bersama penari anak-anak diaspora Indonesia yang akan membawakan tari Pendet dari Bali.

Selain itu, akan terdapat bazar produk kerajinan, kopi dan jamu tradisional, serta bumbu masakan khas Indonesia pada 19–20 Juni 2021. Pada 20 Juni 2021, pengunjung juga akan dapat menyaksikan demo memasak makanan khas Indonesia, seperti nasi goreng dan mie goreng.

Selama rangkaian kegiatan Festival Indonesia dari 19 hingga 26 Juni 2021 itu akan dibuka pameran benda-benda seni dan budaya milik KJRI Marseille.

Untuk anak–anak, pada 21–25 Juni 2021, akan digelar Pekan Film Indonesia yang akan menampilkan video cerita dongeng anak-anak dari Indonesia yang telah di sulih suara ke bahasa Prancis.

Pada hari penutupan 26 Juni 2021 akan digelar seminar pengenalan budaya Indonesia oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris dan promosi pariwisata Indonesia oleh Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis, serta sesi berbagi pengalaman dari warga negara Prancis yang pernah berwisata ke Indonesia.

Kegiatan dengan berbagai ragam promosi budaya dan pariwisata itu diharapkan dapat memperkenalkan lebih jauh mengenai keragaman budaya dan keindahan tujuan wisata yang dimiliki Indonesia.

 ilustrasi

Semua kegiatan Festival Indonesia akan berlokasi di area Balai Kota Aurons 13121 dan dapat diikuti secara gratis.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Prancis dapat terjalin, tidak hanya di bidang sosial budaya, tetapi juga di bidang kerja sama ekonomi dan bidang-bidang lainnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: