G-7 kemungkinan akan menekankan stabilitas Selat Taiwan dalam pernyataan pasca-KTT: Laporan

Kamis, Juni 10, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

AS, Jepang mendorong untuk memperluas konsensus bilateral tentang komitmen status quo lintas selat ke sisa G-7

Garis tengah di Selat Taiwan. (foto CNA)

TAIPEI — KTT Kelompok Tujuh (G-7) mendatang di Inggris kemungkinan akan menjadi yang pertama kalinya kelompok itu akan mengeluarkan pernyataan bersama tentang Selat Taiwan, menurut Nikkei.

Dorongan untuk memasukkan Taiwan dalam dokumen pasca-KTT datang ketika Washington dan Tokyo berusaha untuk memperluas konsensus mereka tentang pentingnya mempertahankan status quo lintas-selat untuk memasukkan ekonomi terkemuka dunia lainnya.

Taiwan, di samping isu-isu terkait China seperti pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan mundurnya supremasi hukum di Hong Kong, akan menjadi agenda utama, menurut laporan itu.

Amerika Serikat dan Jepang dilaporkan telah memimpin dalam mendorong dimasukkannya Taiwan dalam pernyataan itu, dengan AS telah membuat komunike bersama baru-baru ini tentang komitmen untuk stabilitas di selat secara terpisah dengan Jepang dan Korea Selatan.



Kekuatan G-7 Eropa, yang secara tradisional lebih berhati-hati dalam pendekatan mereka untuk menghadapi China, akan bergabung dalam penegasan KTT, seperti halnya Australia dan Korea Selatan, dua negara yang telah diberikan status pengamat untuk pertemuan tersebut, menurut Nikkei.

KTT G-7 ke-47 akan berlangsung dari 11-13 Juni dan akan menjadi pertama kalinya tujuh kepala negara bertemu secara langsung sejak 2019.

Sumber : Taiwan news

0 comments: