Gandeng Pemda Flotim, BPOLBF Kembangkan Destinasi Wisata Pasir Timbul Meko

Jumat, Juni 04, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Guna mendukung Pemerintah Daerah Flores Timur dalam upaya pengembangan destinasi wisata pasir timbul di dusun Meko, Desa Peledo, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Badan Pelaksana Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF) membangun kemitraan pariwisata dengan Pemerintah Daerah Flores Timur.
Direktur Industri dan Kelembagaan Badan Pelaksaan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF), Neisa Amelia mengatakan selain dukungan pengembangan pariwisata, pihaknya juga akan mendorong pembangunan industri pariwisata, ekonomi kreatif dan pendukung lainya, termasuk infrastruktur juga pelestarian lingkungan.
"Kami mendapat mandat kementerian pariwisata untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Flores Timur khususnya dinas pariwisata untuk ikut mengambil bagian mempromosikan dan mendampingi bidang pariwisata khususnya wisata pasir timbul Meko," ujarnya kepada wartawan, Rabu.
Amelia menambahkan, BPOPLBF juga bekerja sama dengan semua stakeholder baik agen travel, akademis dan pelaku-pelaku usaha khusus UKM yang bisa mengakomodir masyarakat lokal.
"Kita bekerjasama dengan dinas terkait, seperti, dinas pariwisata, koperasi, perhubungan, Bapeda juga dinas PU. Semuanya ikut ambil bagian untuk berpartisipasi mendukung Meko ke dunia internasional," kata Neysa.
BPOPLBF juga akan mendampingi desa wisata dalam program yang dijalankan melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis).
"Kita mulai dari SDM. Kita akan mendengar langsung dan melihat kebutuhan apa saja di lokasi pariwisata. Mulai dari infrastruktur pendukung hingga persiapan warga lokal di destinasi wisata," tandasnya.
BPOPLBF meminta pemerintah Flores Timur pro aktif melakukan upaya pengembangan industri pariwisata yang memprioritaskan SDM dan infrastruktur.
"Pelaku usaha lokal mulai dari sekarang diberi pelatihan dengan karya-karya lokal seperti sarung , musik tradisioanl jga tarian tarian tradisional," tutupnya.

Sumber : Kumparan

0 comments: