Guru Asal Hong Kong Ini Cetak Rekor Tercepat di Gunung Everest

Kamis, Juni 03, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Tsang Yin-Hung, seorang guru asal Hong Kong menjadi perempuan tercepat yang mendaki Gunung Everest. Ia bisa mendaki Gunung Everest dengan waktu luang lebih dari 13 jam.

Wanita berusia 45 tahun ini, mendaki Gunung Everest dimulai dari base camp di 17.390 kaki ke puncak tertinggi di dunia di 29.032 kaki. Tsang berhasil menaklukan Gunung Everest dalam kurun waktu 25 jam dan 50 menit."Saya merasa sangat lega dan bangga karena saya melakukan ini bukan untuk memecahkan rekor. Saya merasa lega karena saya dapat membuktikan ini kepada teman-teman dan murid-murid saya," ujar Tsang seperti dikutip dari New York Post, Rabu (2/6/2021).

Tsang berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yaitu selama 39 jam dan 6 menit yang berhasil diraih oleh pemandu gunung Nepal bernama Phunjo Jhangmu Lama pada tahun 2018.

Guru asal Hong Kong tersebut juga hanya berhenti dua kali untuk berganti pakaian antara base camp dan puncak. Tsang juga bercerita keberuntungannya tersebut diraihnya karena tidak bertemu banyak pendaki lain saat mendaki.Tsang hanya bertemu pendaki lain setelah mencapai kamp tertinggi di South Col, itupun saat pendaki tersebut akan turun. Menurut Tsang hal tersebut tidak memperlambat langkahnya dalam mendaki Gunung Everest.

"Untuk mencapai puncak, bukan hanya kemampuan sendiri dan kerja tim. Saya pikir keberuntungan juga sangat penting," kata Tsang.

Kegemarannya akan olahraga dimulai saat Tsang berusia 10 tahun. "Ketika saya masih muda, saya terbiasa berlari menuju gunung, bermain basket, dan melakukan olahraga lainnya," cerita Tsang.


Lebih lanjut Tsang juga bercerita bagaimana dirinya mulai menekuni hobinya sebagai pendaki. Tsang mengaku telah berlatih sebagai pendaki sejak 11 tahun lalu dan Ia mendaki Gunung Everest pertama kali pada tahun 2017. Ia menjadi wanita dari Hong Kong pertama yang mendaki Gunung Everest.

"Saya merasa sangat rileks dan bahagia karena saya telah menetapkan tujuan saya sejak 4 tahun lalu. Saya juga selalu berbagi dengan para murid dan teman-teman saya jika kamu memiliki tujuan dan harapan yang tinggi, maka kamu juga dapat meraihnya," ujar Tsang melalui AFP.Selain guru asal Hong Kong tersebut, terdapat beberapa rekor mendaki Gunung Everest yaitu dari Arthur Muir seorang pengacara asal Chicago yang mendaki Everest pada usia 75 tahun. Selain itu juga ada Rita Sherpa seorang pendaki asal Nepal yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest terbanyak dengan pendakiannya yang ke 25.

Sumber :detik.com

0 comments: