Harga Dogecoin Melonjak hingga 25 Persen

Kamis, Juni 03, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments

 

  Dogecoin kembali menyita perhatian setelah harganya kembali meningkat pada Rabu, 2 Juni 2021. Hal.ini terjadi terjadi setelah pengumuman Coinbase ia akan mulai mendaftarkan cryptocurrency atau uang kripto di platform miliknya minggu ini.

Seperti dilansir CNBC, Kamis (3/6/2021), Dogecoin diperdagangkan dengan harga  42 sen atau naik 25 persen. Kenaikan ini membuat mata uang digital tersebut memiliki kapitalisasi pasar hingga USD 54 miliar.Tak hanya itu, Dogecoin juga menjadi cryptocurrency terbesar keenam berdasarkan nilai pasar, menurut Coinbase. Berawal dari karakter meme, Dogecoin hadir pada 2013. Mata uang ini mendapatkan beberapa relevansi tahun ini, setelah dukungan secara berkala yang diberikan CEO Tesla, Elon Musk secara terus menerus di media sosial. 


Sering membuat kontroversi, tweet yang dibagikan menjadi salah satu penggerak pasar uang kripto. Pada awal Mei, postingan Musk memicu kenaikan dogecoin ke level tertinggi sepanjang masa, yakni 67 sen. 

Merupakan platform perdagangan tingkat profesional untuk pedagang aktif, perdagangan di Coinbase Pro akan dimulai Kamis, 3 Juni 2021.

Coinbase adalah pertukaran cryptocurrency atau uang kripto terbesar di Amerika Serikat, dengan 56 juta pengguna terverifikasi dan aset mencapai USD 223 miliar di seluruh platformnya. 

Pengumuman pra-pendaftaran untuk platform ini disinyalir  memiliki efek yang sama pada harga aset. Proses daftar kemungkinan akan menyeluruh dan ketat, terutama karena Coinbase adalah perusahaan publik. 

"Apa yang kami lihat dengan media sosial adalah kemampuan sebagian kecil dari keseluruhan pergerakan pasar. Sebagai orang yang hanya melihat pasar, itu menjadi perhatian saya," kata mantan ketua SEC Jay Clayton. Sebelumnya, menjadi salah satu pendukung mata uang kripto Elon Musk memberikan pengaruh besar pada harga bitcoin pada 2021.

Setelah melarang penggunaan bitcoin untuk pembelianTesla, Musk secara terang-terangan memberikan dukungan pada dogecoin.

Seperti dilansir Forbes, Kamis, 27 Mei 2021, Musk menggunakan media sosial Twitter untuk mendukung mata uang digital ini. Hasilnya, harga dogecoin mengalami pemulihan setelah aksi jual yang tajam selama akhir pekan.

"Penasaran apa pendapat Anda tentang ethereum 2.0, cardano, solana, polkadot, IOTA, dan lainnya yang mencoba menskalakan dengan biaya rendah. Apa yang membuatmu memilih doge daripada mereka?" tanya Dave Lee, seorang investor YouTuber dan Tesla. 

"[Dogecoin] punya anjing dan meme, sedangkan yang lain tidak," jawab Musk . 

Pasar uang kripto menjadi pilihan para investor akhir-akhir ini. Terdapat beberapa jenis, investor juga bisa memilih ethereum atau mata uang kripto terbesar kedua setelah bitcoin. Sebelumnya, Musk mengeluarkan panggilan kepada pengembang untuk mengirimkan ide peningkatan dogecoin melalui Reddit dan GitHub.

Ia juga membalas berita tentang peningkatan ethereum dan mengatakan salah satu pendiri ethereum Vitalik Buterin takut pada dogecoin.

"Seseorang menyarankan untuk mengubah biaya dogecoin berdasarkan fase bulan, yang cukup luar biasa," tambah Musk.

Meskipun Dogecoin menarik kritik karena  kurangnya pengembangan, haega mata uang digital ini telah melonjak 12.000 persen. Tak hanya itu, banyak orang bertaruh harga dogecoin akan terus naik.  

Elon Musk, dengan antusias menerima gelar sebagai CEO dogecoin setelah jajak pendapat di Twitter pada 2019. Ia juga telah berulang kali menyebut uang kripto berbasis meme sebagai token digital pilihannya selama beberapa tahun terakhir .

Sumber :liputan6.com

0 comments: