Heboh di Twitter Baliho dan Bungkus Nasi Isi Teka-teki, Netizen Tanda Tanya

Sabtu, Juni 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Viral baliho dan bungkus nasi berisi teka teki (foto: IST)


Beberapa hari terakhir, ramai percakapan di Twitter tentang baliho dan videotron di tepi jalan raya yang menampilkan soal-soal pengetahuan umum. Kuis tepi jalan ini juga menampilkan kode QR yang dapat dipindai.

Tidak hanya di Jakarta, baliho berisi teka-teki yang membuat netizen penasaran ini juga ditemui di Bandung dan Semarang. Di Bekasi misalnya, baliho tersebut menampilkan “Kepanjangan dari KEPO Apa?”

Berdasarkan penelusuran, kode QR tersebut mengarah ke situs mulaidarimanaja.com. Namun, tidak banyak informasi yang tertera di laman situs, hanya disebutkan bahwa ini merupakan proyek eksperimen sosial dan netizen diajak untuk memasukkan alamat email jika ingin mengikuti kabar lebih lanjut.

Di situs yang sama, netizen juga bisa mengerjakan beberapa kuis lainnya berupa soal-soal sederhana layaknya di baliho, yang menyangkut pengetahuan umum, matematika, hingga bahasa Inggris.

Reaksi netizen bervariasi. Seorang pengguna Twitter dengan username @mayoclaudi98, misalnya, ikut penasaran mengetahui jawaban dari teka-teki di baliho yang ia temui di wilayah Bekasi.

Selain pertanyaan soal kepanjangan dari Kepo, ada beberapa pertanyaan lainnya yang muncul. Misalnya, sebuah billboard ditemukan di Jalan Dr. Wahidin, Jakarta Pusat ternyata bertanya menggunakan bahasa Jawa, berbunyi “WiFi, macone WayFay Utowo WayFi?” yang artinya WiFi, dibacanya seperti wayfay atau wayfi?.

Pengguna Twitter @Sahayunaaa juga memposting temuannya di Bandung dan bertanya tentang apa kepanjangan dari CMIIW.

Bahkan beberapa hari ini, pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul di bungkus makanan dan gorengan. Akun Twitter @baksocakkumis menunjukkan nasi bungkus yang dibelinya juga punya pertanyaan kode QR. Namun, isi pertanyaannya berbeda dari yang di papan iklan. Akun @levinegurl juga menemukan bungkus yang serupa di tempat sampah.

Maraknya diskusi bahkan sampai dibuat polling oleh pengguna @adam_limbong. Cuitan polingnya mensurvei netizen tentang bedanya “taunya”, “tau-tau”, dan “sama tahu”. Tapi namanya netizen, akhirnya jawaban paling nyeleneh yang dipilih.

Seorang netizen (@amelputranti) bertanya-tanya, apakah jawaban yang benar bisa memenangkan hadiah tertentu. Ada juga pengguna seperti @Siskaeeenya3 yang menebak bahwa soal-soal yang ada di baliho merupakan kisi-kisi, layaknya ujian nasional. Tampaknya setiap hari semakin banyak netizen yang merasa penasaran sembari soal-soal terus bermunculan. Bahkan ada yang mempertanyakan kenapa baliho serupa tidak muncul di kota domisilinya.

Beberapa netizen berinisiatif untuk memindai QR Code dan menemukan pilihan ganda dari soal-soal yang terpampang.

Nampaknya netizen masih harus bersabar dan menebak-nebak, siapa atau apa yang mendorong kemunculan soal-soal di papan iklan dan bungkus makanan ini. Pasalnya, hingga saat ini belum ada petunjuk dan bahkan kunci jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kemunculan baliho dan videotron berkonsep unik memang semakin marak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Tidak hanya iklan seperti pada umumnya, kini baliho dan videotron menjadi sarana komunikasi efektif untuk berinteraksi dengan publik melalui cara-cara yang unik dan tidak tertebak.

Lalu, siapa kira-kira/apa makna di balik soal-soal pengetahuan umum yang bermunculan di baliho dan videotron seminggu belakangan ini? Kira-kira dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, berapa yang bisa kalian jawab dengan benar? Sembari menunggu jawaban, tak ada salahnya turut menebak jawaban teka-teki dan ‘olah otak’ di waktu luang.


Sumber : okezone.com

0 comments: