Kabar Tak Biasa Wanita Lahirkan 10 Bayi Kembar di Selatan Afrika

Jumat, Juni 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


 

    Sebuah kabar tak biasa datang dari seorang wanita di Afrika Selatan (Afsel). Wanita itu dilaporkan melahirkan 10 bayi kembar sekaligus.

Seperti dilansir BBC, Kamis (10/6/2021), wanita itu bernama Gosiame Thamara Sithole. Sithole dilaporkan melahirkan bayi kembar 10 di Pretoria, Afsel, pada Senin (7/6) malam waktu setempat. Kondisi Sithole dikabarkan sehat usai melahirkan bayi-bayi yang dikandungnya selama 29 minggu itu.

"Tujuh bayi laki-laki dan tiga bayi perempuan. Saya senang. Saya merasa emosional. Saya tidak bisa bicara banyak," ucap suami Sithole, Teboho Tsotetsi, kepada media lokal, Pretoria News, setelah kelahiran bayi-bayinya.

Tsotetsi menuturkan bahwa keluarganya merasa terkejut atas kelahiran 10 bayi ini karena sebelumnya ultrasonografi (USG) menunjukkan delapan bayi di dalam kandungan istrinya.

Seorang pejabat pemerintah Afsel mengonfirmasi kelahiran 10 bayi sekaligus itu kepada BBC, namun mereka menyatakan belum melihat langsung bayi-bayi itu.

Secara terpisah, seorang anggota keluarga Sithole yang tidak ingin disebut namanya mengungkapkan kepada BBC bahwa 10 bayi itu dilahirkan dengan metode berbeda-beda, yakni lima bayi dilahirkan secara normal dan lima bayi lainnya melalui operasi caesar.

Sithole yang berusia 37 tahun ini dilaporkan sebelumnya juga melahirkan bayi kembar, yang kini berusia 6 tahun.

Kelahiran bayi kembar 10 ini berpotensi mencetak rekor dunia baru. Tahun 2009 lalu, seorang wanita melahirkan delapan bayi di Amerika Serikat (AS) dan mencetak Guinness World Record untuk melahirkan paling banyak anak dalam satu kelahiran dengan selamat.

Berpotensi Memecahkan Rekor
Bulan lalu, seorang wanita asal Mali yang bernama Halima Cisse (25) melahirkan sembilan bayi kembar dengan sehat di sebuah klinik di Maroko.

Pihak Guinness World Records menuturkan kepada BBC bahwa pihaknya masih menyelidiki kasus kelahiran bayi kembar 10 di Afsel ini.

Laporan reporter kesehatan BBC Africa, Rhoda Odhiambo, menyebut sebagian besar kehamilan dengan banyak bayi biasanya berakhir prematur. Kelahiran bayi kembar lebih dari tiga bayi tergolong langka dan seringkali merupakan hasil dari perawatan kesuburan.

Dalam kasus Sithole, pihak keluarga menyebut kehamilan Sithole terjadi secara alami.

Sumber :detik

0 comments: