Kisah Inspiratif Wisudawan S2 Terbaik Unair: Biayai Kuliah dari Narik Ojol

Sabtu, Juni 26, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Mukhammad Handy Dwi Wijaya berhasil menjadi lulusan terbaik S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair dengan predikat Cum Laude. Kesuksesan Handy tentu diraih dengan kerja keras, ia berkuliah sembari bekerja sebagai ojek online (ojol).
Handy mengaku membiayai sendiri uang kuliahnya. Hal tersebut dilakukannya karena tidak ingin membebani kedua orang tuanya untuk menanggung biaya studi S2-nya.

"Karena kuliah saya biasanya sore hari, pagi hari mulai jam 06.00 sampai jam 15.00 saya gunakan untuk nge-Grab. Kadang juga saya lanjut selepas kuliah hingga perolehan target saya tercapai," ujar Handy seperti dikutip dari laman resmi Unair, Sabtu (26/6/2021).Setelah menamatkan gelar masternya, mahasiswa kelahiran Mojokerto tersebut juga bercita-cita untuk dapat kuliah di Paris. Sebab Handy sangat mengidolakan tokoh Jean Baudrillard yang mengemukakan teori Hiperrealitas. Ia berharap mendapatkan beasiswa ke Paris.

Berkuliah sembari mencari rezeki tentu bukan perkara mudah. Lulusan terbaik tersebut kerap merasa lelah dan kesulitan membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Namun Handy tetap dapat memaksimalkan perkuliahannya dengan aktif di kelas.

"Sesibuk dan semalas apapun, saya tetap mencoba untuk aktif berdiskusi, bertanya, dan menjawab dalam kelas baik sebelum dan setelah adanya Covid-19 ini, karena dalam diskusi itulah kita bisa mencetak diri kita baik secara intelektual dan emosional,"ujar Handy.


Walaupun kuliah dan pekerjaannya padat, Handy juga aktif mengikuti organisasi internal dan eksternal kampus. Semasa studi S1 Handy juga mendapatkan gelar lulusan terbaik di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan yang diikuti Handy selama S2 adalah aktif di Lembaga Ilmu Sosial Humaniora dan Bisnis Unair (LISHB), aktif dalam beberapa penelitian dosen, dan menjadi pendamping di Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Ia juga berpesan kepada mahasiswa dan mahasiswai yang masih berkuliah untuk selalu bekerja keras dan melakukannya dengan maksimal. Tak lupa ia mengingatkan juga agar rajin berdoa.

"Jangan lupa perbaiki Hablumminallah dan Hablumminannas, karena itu kunci kesuksesan," ujar lulusan terbaik tersebut.

Sumber :wolipop.detik.com

0 comments: