Lembaga think tank Taiwan melihat iklim bisnis memburuk selama pandemi

Sabtu, Juni 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Institut Penelitian Ekonomi Taiwan mengatakan negara masih harus melihat pertumbuhan 5% pada tahun 2021

Terlepas dari pesimisme COVID saat ini, ekonomi masih harus tumbuh sebesar 5 persen, kata TIER (foto CNA)

TAIPEI — Sektor-sektor utama ekonomi Taiwan telah memburuk selama gelombang COVID-19 saat ini tetapi negara itu masih berada di jalur untuk pertumbuhan PDB 5 persen, Institut Penelitian Ekonomi Taiwan (TIER, ) mengatakan Jumat (25 Juni).

Dengan peringatan Level 3 diperpanjang hingga setidaknya 12 Juli, manufaktur, layanan, dan konstruksi semuanya terpukul. Namun, jika wabah dapat dikendalikan dan permintaan luar negeri terus meningkat, pertumbuhan ekonomi tidak akan terpengaruh terlalu parah, lapor UDN.

TIER, salah satu lembaga pemikir ekonomi terkemuka di negara itu, mengatakan bahwa prediksi sebelumnya tentang pertumbuhan PDB melebihi 6 persen untuk tahun ini mungkin tidak dapat dicapai. Namun, 5 persen tidak akan menjadi masalah.

Karena jasa dan konstruksi bergantung pada pasar domestik, keduanya tergelincir untuk bulan kedua dan ketiga berturut-turut, selama Mei, kata TIER. Di sektor jasa, restoran harus beralih ke takeout saja atau tutup sama sekali, dengan sektor makanan dan grosir mengambil sikap pesimis tentang sisa tahun ini.


Proporsi produsen yang memiliki pandangan positif untuk masa depan telah turun 3,2 persen menjadi 36,8 persen dibandingkan dengan April. Mereka yang merasa pesimis naik 5 persen menjadi 12,8 persen, menurut tinjauan TIER.

Untuk inflasi, Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk Mei mencapai 2,48 persen, sebagian karena basis perbandingan yang rendah, tetapi juga karena harga minyak yang tinggi, kata TIER. Ini menekankan perlunya mengamati evolusi harga selama kuartal ketiga sebelum mencapai kesimpulan untuk semua tahun 2021.

Sumber : Taiwan news

0 comments: