Merinding, Begini Cerita Horor 'Rumah Pocong Sumi' di Kotagede yang Terkenal Menyeramkan

Kamis, Juni 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Belakangan ini, sejumlah cerita misteri terkait rumah berhantu beredar di media sosial. Salah satunya seperti kisah menyeramkan 'Rumah Pocong Sumi' yang berada di kawasan Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbagai pengalaman mistis banyak dibagikan oleh warganet. Tak sedikit di antaranya berhasil membuat takut sekaligus penasaran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bangunan berusia lebih dari satu abad tersebut didirikan sejak tahun 1860-an. Pada sekitar tahun 1935, rumah itu ditinggali oleh seorang istri pengusaha batik bernama Sumini. Dari sanalah kemudian cerita 'Rumah Pocong Sumi' bermula.

Cerita tersebut berawal dari Sumini yang tengah ditinggal sang suami untuk urusan bisnis. Ia pun diberi pesan oleh suaminya agar tidak membukakan pintu untuk siapa saja sebelum dirinya pulang. Di sisi lain, keadaan rumah yang sepi rupanya menjadi sasaran empuk para perampok.

Dalam melancarkan aksinya, para perampok membuat cerita palsu bahwa suami Sumini mengalami kecelakaan. Mendengar hal tersebut, Sumini lantas membukakan pintu rumahnya. Saat itulah kemudian para perampok merampas harta benda di dalam rumah. Tak sampai di situ, perampok-perampok tersebut juga turut mencekik Sumini hingga tewas.

Sejak peristiwa tersebut terjadi, rumah milik Sumini tidak pernah dihuni oleh siapa pun. Seiring berjalannya waktu, berbagai cerita mistis mulai bermunculan dari rumah tak berpenghuni itu.

Banyak penduduk yang mengatakan bahwa sosok misterius seperti pocong kerap menampakkan diri. Mereka menduga, hantu tersebut merupakan jelmaan dari pemilik rumah yakni Sumini, yang meninggal dunia akibat kerampokan. Tak hanya penampakan, konon sosok hantu Sumi juga kerap mengikuti orang yang menantang dirinya.

Kisah-kisah mistis rumah pocong Sumi juga banyak membuat masyarakat penasaran. Tak sedikit di antaranya yang sengaja datang untuk membuktikan kebenaran hantu misterius itu.

Jauh sebelum insiden yang menimpa Sumini, rumah di Kotagede ini rupanya sempat menjadi lokasi pembunuhan. Menurut cerita yang beredar, aksi tersebut dilakukan oleh seorang pedagang berlian asal Belanda.

Kala itu, ia bersama istrinya terlibat pertengkaran hebat. Keduanya beradu mulut akibat kesalahpahaman yang terjadi. Karena emosi, sang suami kemudian membunuh istrinya yang tengah dalam keadaan hamil di kamarnya. Atas kejadian itu, kamar yang menjadi lokasi pembunuhan kemudian ditutup dan menjadi tempat rahasia.


Sumber : Akurat.co




0 comments: