Misteri Suanggi di Papua, Penganut Ilmu Hitam yang Jadi Hantu Pemangsa Manusia

Rabu, Juni 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Masyarakat Indonesia memang tak pernah lepas dari berbagai cerita mistis yang membuat bulu kuduk berdiri. Kisah-kisah horor ini pun juga berlaku di daerah paling timur Indonesia. 

Bila sebagian warga takut dengan sosok seperti pocong, kuntilanak, gondoruwo dan lainnya. Warga di wilayah Papua meyakini makhluk yang dijuluki Suanggi atau Suangi. Kisah tentang hantu ini pun tak boleh sembarang diceritakan. 

Dalam adat kepercayaan masyarakat setempat, Suangi merupakan manusia yang menganut ilmu hitam untuk kepentingan tertentu, sebagian besar demi balas dendam. Sosok ini muncul di malam hari, awalnya menyerupai bola api. 

Mengutip dari channel Youtube Cerita Ara, saat akan melakukan aksi pembunuhan, Suangi mengubah dirinya menjadi bayangan dan masuk ke rumah korban. Setelah didatangi makhluk ini, korban akan mulai mengalami sakit misterius, bahkan sampai tidak bisa dideteksi ilmu medis. Karena tidak ada obatnya, warga itu pada akhirnya meninggal dunia.

Sosok makhluk ini sebetulnya tidak bisa dilihat kasat mata, kecuali oleh orang-orang tertentu. Digambarkan, Suangi memiliki mata terang menyala, bergigi tajam dan aromanya seperti binatang kuskus. Konon, Suangi hanya bisa memakan daging manusia yang merupakan orang asli Papua. 

Sebab rasanya lebih enak daripada warga pendatang. Keberadaan Suangi dipercaya tinggal di dalam hutan, meski ada juga yang berbaur dengan warga.




Sumber : iNewsPapua.id

0 comments: