Ngejar Cuan! Ini Daftar BUMN 'Nyemplung' ke Bisnis Internet

Sabtu, Juni 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


BUMN mulai menjajal cuan dari bisnis jasa internet. Terkini, PT Jasa Marga yang selama ini beken dikenal sebagai operator jalan tol, juga mencoba peruntungan di bisnis internet.

Pengin tahu BUMN mana saja yang menggarap bisnis internet? Berikut daftarnya:


1. Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk boleh dibilang BUMN yang bisnis internetnya paling dikenal masyarakat. Di bisnis internet, Telkom mempunyai IndiHome

Dalam laman resminya dijelaskan, IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah dan TV interaktif (IndiHome TV) dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumen.


2. PLN

PLN terjun ke bisnis internet melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Melalui anak usahanya tersebut, BUMN setrum ini melahirkan produk layanan internet broadband full fiber optic dengan nama Iconnet.

Iconnet sendiri diluncurkan oleh PLN pada 31 Mei 2021 lalu. Brand tersebut sebelumnya dikenal dengan nama Stroomnet.

3. PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN memiliki bisnis internet di bawah PT Telemedia Dinamika Sarana. PGN yang kini menjadi sub holding gas PT Pertamina (Persero) tersebut memiliki brand untuk produk internetnya bernama Gasnet.

"Gasnet yang telah hadir selama 7 tahun untuk memberikan layanan internet terbaik bagi perusahaan Anda terus melakukan inovasi dan improvisasi guna mengetahui apa saja yang sangat dibutuhkan pasar saat ini. Menghadapi fase new normal menjadi tantangan baru bagi Gmedia dan perusahaan Anda untuk survive di fase ini," bunyi keterangan Gasnet seperti dikutip dari laman gasnet.id.


4. Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) akan terjun ke bisnis di bidang internet. JMRB tidak menjadi penyedia jasa internet langsung namun sebagai penyedia infrastruktur fiber optik.

Direktur Bisnis Komersial JMRB Imad Zaky Mubarak menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya akan mengoptimalkan segala aset yang ada di Jasa Marga.

"Jadi kami melihat bahwa infrastruktur jalan tol yang sudah kita punya ini bisa dimanfaatkan untuk infrastruktur jaringan teknologi informasi. Maka kami melihat ada potensi di situ, kami juga akan memanfaatkan infrastruktur yang kami punya untuk dimanfaatkan sebagai infrastruktur teknologi informasi," katanya kepada detikcom, Jumat.

"Kalau bisnis internet secara langsung sepertinya belum. Karena kami nggak ada kompetensi di bidang itu, kami hanya memaksimalkan potensi yang kami miliki. Jadi kalau misalkan bisa diambil bahasa simpelnya kami hanya akan menyediakan layanan backbone infrastruktur teknologi informasi berupa fiber optik," paparnya.



Sumber : Detikfinance

0 comments: