Perusahaan Taiwan memelopori produk yang terbuat dari sampah laut daur ulang

Senin, Juni 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Inovasi tekstil dan material telah menciptakan produk ramah lingkungan yang menarik bagi pelanggan

Produk yang terbuat dari sampah laut (foto Business Today)

TAIPEI — Pusat Pengembangan Industri Plastik Taiwan (PIDC) menciptakan ekosistem yang kuat di mana produk daur ulang tidak hanya menarik tetapi juga menguntungkan.

Sebagai mesin di balik industri plastik nasional, PIDC telah mengoordinasikan operator dan produsen daur ulang sejak 2013. Pusat tersebut mendirikan Ocean Plastic Coalition (OPC) pada 2018 untuk membuat sampah laut berguna sekali lagi.

"Plastik menyumbang 80-90 persen dari sampah laut. Itulah mengapa kami merasa berkewajiban untuk mengatasi masalah ini," kata Manajer PIDC Hsu Hsiang-jui (許祥瑞) kepada Business Daily. Bekerja dengan anggota dari OPC, pusat tersebut telah menghasilkan beberapa hasil yang mengesankan dengan menggunakan limbah dari industri perikanan.

Kasus pertama yang berhasil adalah bingkai kacamata yang terbuat dari jaring ikan nilon. Menurut Hsu, butuh hampir satu tahun penelitian untuk pusat dan pabrikan, Hwa Meei Optical, untuk membuat bingkai halus yang terbuat dari 95 persen bahan daur ulang.

Perusahaan sekarang mengubah beberapa ton jaring ikan daur ulang per tahun menjadi bingkai kacamata untuk merek seperti Decathlon dan Julbo. Meskipun proses daur ulangnya mahal, bingkai ramah lingkungan ini tidak memerlukan lapisan tambahan di permukaannya, yang pada gilirannya menyeimbangkan biaya, menjadikannya produk yang berkelanjutan.



Limbah dari industri perikanan tidak hanya mencakup plastik tetapi juga produk sampingan dari akuakultur, seperti cangkang tiram yang tidak terpakai. Penduduk di Taiwan selatan telah lama memahami kegunaan cangkang tiram dan menyemprotkan cangkang yang terbakar di permukaan bungalow, yang berfungsi sebagai penyekat dan menjaga suhu di dalam ruangan lebih dingin.

Terinspirasi oleh praktik ini, Wang Yeh-hsun (王葉訓), pendiri Creative Tech Textile, memutuskan untuk menambahkan cangkang tiram yang dihaluskan ke kain dan menemukan pakaian itu menjadi antistatik, antibakteri, dan mencegah bau badan.

Meskipun kebanyakan orang tidak terbiasa dengan kain inovatif ini, kain ini telah memenangkan beberapa penghargaan internasional, termasuk iF Design Award.

Karena pemrosesan bahan daur ulang, seperti menghancurkan, dan membersihkan jaring ikan, sebagian besar bergantung pada pekerjaan manual, PIDC berfokus pada pengenalan fasilitas otomatis yang selanjutnya akan menurunkan biaya dan mempermudah mengubah sampah menjadi emas.

Sumber : Taiwan news

0 comments: