Presiden Taiwan menawarkan bantuan rekonstruksi ke wilayah Ceko yang dilanda tornado

Sabtu, Juni 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Menteri Luar Negeri Joseph Wu menelepon presiden senat Ceko dengan tawaran bantuan

Tornado menghantam wilayah Moravia Selatan Republik Ceko Kamis malam (AP photo)

TAIPEI — Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) pada Jumat (25 Juni) menawarkan bantuan kepada Republik Ceko untuk merekonstruksi wilayah yang dilanda tornado langka.

Badai paling dahsyat dalam sejarah negara Eropa Tengah baru-baru ini mengubah bangunan menjadi puing-puing dan menghancurkan mobil selama badai petir dan hujan es lebat di setidaknya tujuh kota di wilayah tenggara. Sedikitnya lima orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat puting beliung Kamis (24 Juni) malam.

Presiden Tsai mengatakan kepada Kementerian Luar Negeri (MOFA) untuk menawarkan bantuan dalam rekonstruksi wilayah tersebut, jika Republik Ceko membutuhkannya, kata seorang juru bicara yang dikutip CNA.



Menteri Luar Negeri Joseph Wu (吳釗燮) menelepon Presiden Senat Ceko Miloš Vystrčil, pengunjung sebelumnya ke Taiwan, dengan tawaran bantuan, kata MOFA. Politisi Ceko itu mengatakan dia akan menyampaikan pesan Wu kepada pemerintah.

Kantor perwakilan Taiwan di Praha juga harus terus memperhatikan perkembangan dan kesejahteraan warga Taiwan yang tinggal di negara itu, menurut juru bicara kepresidenan. Kantor tersebut mengatakan tidak ada penduduk Taiwan, pelancong atau pelajar yang terluka selama tornado.

Sumber : Taiwan news

0 comments: