Resta Pendopo Km 456 di Tol Semarang-Solo Jadi Destinasi Wisata Baru

Senin, Juni 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang – Solo menghadirkan Resta Pendopo Km 456 Salatiga. Tempat ini bukan hanya sarana istirahat, tetapi menjadi destinasi wisata dengan pemandangan indah.

“Perjalanan Jakarta menuju Solo melalui jalan tol Transjawa membutuhkan waktu 6 jam. Tentunya, pengguna jalan akan merasa kelelahan dan membutuhkan tempat istirahat yang dapat mengembalikan staminanya. Resta Pendopo KM 456 hadir menjawab kebutuhan pengguna jalan,” ujar Direktur Utama PT TMJ Denny Chandra Irawan dalam keterangan resminya yang diterima Investor Daily, Minggu.

Mengusung konsep perpaduan arsitektur modern dan tradisional, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) seluas 3,3 hektare yang berlokasi di dua jalur berseberangan Km 456 arah Jakarta dan arah Solo Ruas Jalan Tol Semarang – Solo ini, hadir untuk memanjakan pengguna jalan yang ingin beristirahat.

Lokasi tersebut memiliki lima bangunan utama yang melambangkan lima gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran. Di kedua sisi rest area ini memiliki fasilitas dan sarana seperti tempat parkir luas yang dapat menampung 207 kendaraan kecil dan 40 kendaraan besar seperti bus dan truk. Terdapat 61 toilet pria, 43 toilet wanita, dan 6 toilet difabel.

Ditambah 2 ruangan nursery, 40 tenant Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan keanekaragaman produk kuliner, kerajinan, busana dan oleh-oleh khas Jawa Tengah. Termasuk memiliki area terbuka dan masjid dengan kapasitas 200 orang. Memiliki Skybridge

Di samping itu, Resta Pendopo KM 456 juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki rest area lain yaitu Skybridge yang menghubungkan dua rest area di sisi jalur mengarah Jakarta dan jalur menuju Solo.

Bagi pengguna jalan yang gemar berswafoto, Resta Pendopo KM456 menyediakan Sky Deck dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang bisa dijadikan spot instagramable untuk berbagi pengalaman di media sosial.

“Konsep pembangunan Resta Pendopo KM 456 merangkul para pelaku UMKM di sekitar Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo, dan kabupaten lain di area sekitar jalan tol agar perekonomian di sektor tersebut dapat berputar serta bermanfaat bagi masyarakat”, ungkapnya.

Untuk itu, Resta Pendopo Km 456 bersama Yayasan Dana Bakti Astra melakukan tahapan kurasi terhadap calon UMKM pengisi tenant mulai dari pengecekan kualitas, keunikan, dan keunggulan produk agar produk yang dijajakan berkualitas dan mempunyai daya tarik bagi pengunjung.

“Pengelola Resta Pendopo KM 456 bekerja sama dengan beberapa instansi seperti Dinas Koperasi Kabupaten Semarang dan Pemprov Jateng untuk mendapatkan daftar mitra UMKM legendaris khususnya di sekitar Kabupaten Semarang, Salatiga, Jogja dan Solo untuk mengisi sekitar 40% dari lokasi tenant yang tersedia”, kata Denny.



Sumber : BeritaSatu.com

0 comments: