Ribuan TKI Akan Banjiri Sampang, Bang Haji Siapkan Langkah Hindari Klaster Covid-19 Baru

Jumat, Juni 04, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Wakil Bupati (Wabup) Sampang, Abdullah Hidayat menginstruksikan seluruh jajaran OPD bekerjasama untuk mengantisipasi kepulangan ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) dalam waktu dekat. Semua jajaran diminta bergerak agar kepulangan para TKI ke Sampang nanti tidak malah melahirkan klaster baru penularan Covid-19.


Tercatat ada sebanyak 1.702 warga Sampang yang akan kembali dari luar negeri sampai sepekan ke depan. Menurut wabup yang disapa Haji Ab itu, kali ini para TKI langsung diterbangkan dari negara perantauan ke Bandara Juanda Surabaya.


"Dan seluruh jajaran harusa mengoptimalkan penanganan agar tidak menjadi klaster baru saat pandemi Covid-19 ini," tegas Bang Haji, Kamis.


Seperti prosedur pencegahan terhadap para TKI sebelumnya, lanjutnya, para pendatang itu nantinya harus menjalani swab test di Rumah Sakit Haji Surabaya. Jika nantinya diketahui ada yang terkonfirmasi Covid -19, maka harus menjalani isolasi di Surabaya.


"Jadi pekerja yang sudah tiba di Sampang harus sudah menjalani swab test dan dinyatakan negatif," terangnya.


Tetapi hasil test di Surabaya dirasa tidak cukup. Guna antisipasi penyebaran Covid-19 di Sampang, Bang Haji mengaku telah melakukan beberapa langkah agar tidak sampai kecolongan.


Salah satunya adalah menyiapkan tempat penginapan bagi para TKI di Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan Syamsul Arifin, Kecamatan Sampang. Di sana, para TKI harus menjalani karantina dan pemeriksaan sebelum diizinkan kembali ke kampung halamannya.


“Untuk teknisnya, sebelum para TKI pulang ke tempat tinggalnya masing-masing, harus terlebih dahulu menjalani karantina tiga hari di BLK Sampang," pungkasnya.




Sumber : Surya.co.id

0 comments: