Samudera Kelima Dikabarkan Muncul di Bumi

Jumat, Juni 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 06 10 406 2423179 samudera-kelima-dikabarkan-muncul-di-bumi-tF7OnhJad2.jpg


ATLANTIK - National Geographic Society mengubah peta dunia. Organisasi nirlaba eksplorasi dan pendidikan berusia 130 tahun itu menandai Hari Laut Sedunia pada hari Selasa dengan menyatakan bahwa perairan di sekitar Antartika sekarang akan dikenal sebagai Samudra Selatan-samudra kelima di planet ini.

“Samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kami tidak pernah secara resmi mengakuinya,” kata ahli geografi National Geographic Society Alex Tait yang dilansir Okezone dari New York Post.

“Ini semacam kutu buku geografis dalam beberapa hal,” kata Tait.

“Kami selalu melabelinya, tetapi kami memberi label sedikit berbeda (dari lautan lain). Perubahan ini mengambil langkah terakhir dan mengatakan kami ingin mengenalinya karena pemisahan ekologisnya.”

Kartografer National Geographic telah membuat daftar empat samudra di Bumi sejak masyarakat mulai membuat peta pada tahun 1915 yaitu samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik.

Secara historis, perairan besar yang mengelilingi benua paling selatan dipandang sebagai perpanjangan dari Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir para ilmuwan telah mengasah sifat unik perairan Antartika, sebagian besar karena arus unik yang mengalir di sana - yang dikenal sebagai Arus Lingkar Antartika, kata majalah National Geographic.

Arus membuat air lebih dingin dan sedikit kurang asin, yang membantu menyimpan karbon jauh di dalam lautan dan memiliki dampak kritis pada iklim Bumi.

"Siapa pun yang pernah ke sana akan berjuang untuk menjelaskan apa yang begitu memesona tentangnya, tetapi mereka akan setuju bahwa gletser lebih biru, udara lebih dingin, pegunungan lebih menakutkan, dan lanskap lebih menawan daripada tempat lain yang bisa Anda kunjungi," kata ilmuwan kelautan Seth Sykora-Bodie, Penjelajah National Geographic.



Sumber : okezone

0 comments: