Terkait Insiden Salah Putar Lagu Indonesia Raya, PSSI Bakal Laporkan UEA ke AFC

Senin, Juni 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Para pemain Timnas Indonesia U-19 (Foto: Media PSSI)

DUBAI – Sebuah insiden memalukan terjadi sesaat sebelum kickoff pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia antara tim nasional (Timnas) Indonesia melawan Uni Emirat Arab (UEA). Pihak panitia salah memutar lagu kebanggsaan Indonesia dengan lagu kebangsaan Malaysia.

Sebagaimana diketahui, itu terjadi saat Timnas Indonesia melakoni partai pamungkas pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia– yang berstatus sebagai tuan rumah berkesempatan untuk menyanyikan lagi kebangsaan terlebih dahulu.

Timnas Indonesia vs UEA

Akan tetapi ketika pada saat para pemain Timnas Indonesia ingin menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebuah kejadian memalukan justru terjadi. Pihak panitia pertandingan justru salah memutar lagu Indonesia Raya dengan lagu kebangsaan Malaysia, yakni Negaraku.

Kejadian itu pun sontak membuat para pemain Timnas Indonesia kebinggungan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang melancarkan protes kepada panitia pertandingan lantaran salah memutar lagu kebangsaan mereka.

Insiden memalukan hal tersebut pun mendapatkan respons dari para masyarakat Indonesia yang kebetulan menyaksikan pertandingan tersebut secara live. Bahkan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi di UEA memprotes insiden tertukarnya lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pihak panitia pertandingan antara Timnas Indonesia melawan UEA sendiri langsung merespons insiden tersebut dengan permintaan maaf secara resmi. Mereka menyebut insiden tersebut bakal menjadi pembelajaran mereka.

Akan tetapi, pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kabarnya bakal tetap melaporkan insiden ini ke induk sepakbola Asia, yakni AFC. Hal tersebut dilakukan agar insiden serupa tidak terjadi di lain waktu.

Timnas Indonesia vs UEA

Sedangkan di pertandingan sendiri, Timnas Indonesia memang akhirnya harus menyerah dengan skor telak 0-5 dari UEA. Kelima gol UEA yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia berhasil dicetak oleh Ali Mabkhout (dua gol), Fabio Lima (dua gol), dan Sebastian Tagliabue.

Dengan kekalahan tersebut, Timnas Indonesia dipastikan tak beranjak dari posisi akhir di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong tersebut hanya mampu mengoleksi satu poin dari delapan pertandingan yang mereka mainkan.


Sumber : okezone.com

0 comments: