Tiba di Surabaya, 150 TKI Positif Covid-19

Sabtu, Juni 05, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Hingga Jumat, 12.547 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tercatat sudah mendarat di tanah air melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur. Dari jumlah itu, 150 PMI tercatat positif Covid-19.

"80 orang di antaranya sembuh dan 70 sisanya masih diisolasi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, saat dikonfirmasi, Jumat.

Tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dinyatakan negatif Covid-19 sudah dipulangkan ke daerah asal di wilayah Jatim. Gatot memastikan SOP kedatangan PMI di Bandara Internasional Juanda Surabaya sesuai dengan protokol kesehatan, bahkan sudah diterapkan sebelum Satgas Repatriasi dibentuk.

"Setelah Satgas Repatriasi dibentuk 26 April 2021 lalu, penanganan kedatangan perjalanan luar negeri semakin ketat di Bandara Juanda," jelas Gatot. 

Penumpang baik yang datang maupun pergi melalui Bandara Juanda selalu dilakukan pemeriksaan dokumen dan penyelidikan epidemologi.   Selanjutnya PMI diarahkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dilakukan karantina terpusat selama dua hari. 

"Di sana, para PMI menjalani tes swab. Jika hasilnya positif Covid-19, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid 19. Namun, bila negatif maka tetap dilakukan karantina setelah dua hari sebelum dipulangkan ke daerah asal," ujarnya. 

Sampai ke daerah asal, para PMI tidak bisa langsung berkumpul dengan keluarga, tapi masih menjalani karantina selama tiga hari. Di hari karantina terakhir, mereka kembali dites swab. Jika negatif langsung pulang, yang positif dirawat di rumah sakit daerah setempat. "Sampai di rumah, PMI masih harus menjalani isolasi mandiri dengan diawasi oleh petugas PPKM mikro tingkat desa dan kelurahan," ujar Gatot. 



Sumber : Kompas.com

0 comments: