Timnas Indonesia Andalkan Pemain Muda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Apa Alasannya?

Senin, Juni 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Skuad Timnas Indonesia saat berada di Dubai, UEA. (Foto: PSSI)


SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, paham akan mendapat banyak kritik. Hal itu saat pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, membawa mayoritas pemain muda di tiga sisa laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Saat itu, dari sekira 27 pemain yang dibawa, 20 di antaranya berusia di bawah 23 tahun. Namun, keputusan ini diambil demi misi meraih kesuksesan di ajang lain, yakni mendulang emas di SEA Games 2021. Harapannya dengan membawa pemain muda, Rizky Ridho dan kawan-kawan mendapatkan banyak pengalaman saat turun di SEA Games 2021.

Timnas Indonesia


(Timnas Indonesia saat turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia)

“Kami paham akan mendapatkan kritik perihal pemilihan pemain. Namun, kami akan melakukan evaluasi. Demi kepentingan anak-anak dan demi SEA Games, kita akhirnya memutuskan menurunkan pemain muda,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

“Ketika membawa anak-anak muda ke Dubai, harapannya para pemain mendapatkan pengalaman di sana. Memang tidak ada garansi di sepakbola, tapi kan kita ada target emas di SEA Games,” lanjut mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Timnas Indonesia mendapatkan hasil kurang baik di tiga sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tersbut. Setelah menahan Thailand 2-2, Evan Dimas dan kawan-kawan dihancurkan Vietnam 0-4 dan disikat Uni Emirat Arab (UAE) 0-5.

Karena itu, Yunus Nusi pun meminta maaf kepada seluruh pencinta sepakbola Indonesia. Satu hal yang pasti, evaluasi menyeluruh sudah dilakukan PSSI, baik sebelum berangkat maupun setelah pulang dari Dubai.

“Mohon maaf kepada masyarakat karena hasil yang didapat tidak menggembirakan. Kita memahami ada keberanian yang diambil Shin Tae-yong yang memprioritaskan pemain muda saat tampil di sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia,” lanjut pria kelahiran Gorontalo tersebut.

“Kalaupun kita memainkan pemain yang senior, tak ada gunanya juga (Indonesia sudah dipastikan gagal lolos). Pada akhirnya kami menyetujui programnya Shin Tae-yong yang mempersiapkan tim untuk SEA Games 2021. Kita paham ada kelemahan, namun akan kita evaluasi semuanya,” katanya.

Akibat hasil buruk di atas dan lima laga sebelumnya, Timnas Indonesia terbenam di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan koleksi satu angka. Meski gagal di ajang lain, Timnas Indonesia masih bisa tampil di turnamen lain, yakni Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia

Rencananya pada 7 September 2021 dan 12 Oktober 2021, Timnas Indonesia turun di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Taiwan. Jika menang agregat, Timnas Indonesia akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini diikuti 24 negara. Nantinya, 24 tim itu dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim. Juara grup otomatis lolos ke Piala Asia 2023. Sementara itu, lima runner-up terbaik juga akan melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Total ada 11 negara yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dari babak ketiga Kualifikasi, melengkapi 13 tim yang lebih dulu menyegel tempat. Jadi, total ada 24 tim yang tampil di Piala Asia 2023 yang diselenggarakan di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023



Sumber : okezone.com

0 comments: