Traveler Wajib Tahu, Begini Etika dan Budaya Makan di Berbagai Negara

Rabu, Juni 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

ilustrasi (stutterstock)


SETIAP bangsa di dunia ini pasti memiliki etika dan budaya masing-masing. Kadang budaya dan etika yang berlaku di suatu tempat bisa dianggap aneh oleh komunitas di tempat lain. Salah satunya etika dan budaya yang sering berlainan adalah tentang makan.

Semisal di Indonesia, mungkin masyarakat mengenal etika kalau makan sebaiknya jangan bersuara saat sedang mengunyah atau menyeruput, namun berbeda dengan di Jepang yang justru itu merupakan pujian terhadap si pembuat makanan karena berarti makanannya enak. Terdengar unik bukan?

Lalu apa saja etika dan budaya makan unik lainnya yang ada di dunia? Ini dia beberapa etika dan budaya makan unik negara-negara dunia yang telah dirangkum oleh MNC Portal Indonesia :

1. Di Mesir, Bersendawa saat makan adalah suatu bentuk pujian!

Jikalau di Indonesia dan juga beberapa negara lainnya bersendawa saat makan adalah tindakan yang kurang pantas, lain cerita dengan di Mesir.

Saat anda bersendawa saat atau sesudah makan, orang Mesir akan menganggap hal itu sebagai pujian bahwa makanannya enak layaknya orang Jepang saat menyaksikan seseorang mengeluarkan suara keras saat memakan mie.

 ilustrasi

Ilustrasi makan (Freepik)

2. Di Italia, jangan pernah memesan Cappuccino setelah makan

Cappuccino adalah salah satu minuman campuran kopi dan susu lezat yang berasal dari Italia. Memesan Cappuccino sebagai minuman setelah makan saat berada di café mungkin telah menjadi hal yang biasa dan tentu saja nikmat.

Namun jangan lakukan hal tersebut saat sedang berada di Italia. Sebagai negara asal dari minuman Cappuccino, orang Italia justru tidak memesan Cappuccino sehabis makan!.

Hal ini karena Italia melarang orang untuk minum susu setelah makan karena dianggap dapat menimbulkan masalah pencernaan.

3. Di Rusia, jangan pernah menaruh siku tangan anda di pangkuan

Orang Rusia menganggap dengan menaruh siku tangan di pangkuan saat makan sebagai tindakan yang kurang sopan.

Oleh karena itu jika anda berkunjung ke salah satu restoran di Rusia, pastikan anda selalu menaruh siku tangan di atas meja. Agak susah sepertinya buat kaum-kaum ‘jaim’.

Sumber : okezone.com

0 comments: