TSMC Taiwan memprioritaskan Apple, chip mobil di kuartal ke-3

Kamis, Juni 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Perusahaan untuk fokus pada Apple dan chip mobil terlebih dahulu, diikuti oleh PC, server, dan perangkat jaringan

Logo TSMC (foto Reuters)

TAIPEI — Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) akan fokus pada Apple dan chip otomotif pada kuartal ketiga di tengah krisis chip global yang berkelanjutan.

Menurut sumber dari pembuat chip fabless yang berbicara dengan Digitimes, TSMC bermaksud untuk memprioritaskan pesanan chip Apple dan sirkuit terintegrasi otomotif diikuti oleh pesanan PC, server, dan perangkat jaringan. TSMC secara eksklusif memproduksi chip seri-A Apple yang digunakan di iPhone dan iPad, selain chip seri-M yang terlihat di Apple Silicon Mac, menurut 9to5Mac.

Untuk iPhone 13, perusahaan Taiwan itu memproduksi chip Apple A-15 baru menggunakan proses generasi kedua 5 nm (N5P). Chipset A14 Apple adalah chip produksi massal pertama yang memanfaatkan teknologi 5 nm TSMC.

Apple telah mendapatkan persyaratan yang menguntungkan karena skalanya, yang berarti bahwa TSMC akan memenuhi pesanannya terlebih dahulu. IPhone berikutnya diperkirakan akan diluncurkan pada musim gugur, jadi mengamankan chip yang cukup untuk Q3 sangat penting bagi Apple.

Sementara kekurangan chip telah mempengaruhi beberapa industri, pembuat mobil termasuk di antara mereka yang terkena dampak paling parah. Pada awal pandemi, penjualan mobil anjlok, menyebabkan lebih sedikit pesanan chip otomotif, sehingga pembuat chip beralih kapasitas untuk memenuhi permintaan elektronik konsumen yang tiba-tiba karena kerja jarak jauh dan pembelajaran jarak jauh.



Ketika penjualan mobil tiba-tiba mulai pulih pada akhir tahun lalu, pembuat mobil menemukan bahwa mereka tidak memiliki cukup chip, dan dengan kapasitas pengecoran yang ketat, pembuat mobil harus menunggu, dengan perusahaan seperti Ford, General Motors, dan Volkswagen harus menghentikan atau menghentikan produksi pada model tertentu.

Pada akhir Mei, TSMC mengatakan akan meningkatkan produksi chip otomotif sebesar 60% tahun ini. Menurut CEO Ford Jim Farley pada bulan April, pemulihan penuh rantai pasokan chip mobil dapat berlangsung hingga 2022.

Sumber : Taiwan news

0 comments: