Viral Penjual Pentol Bakar Ganteng, Dulu Pegawai Kini Dagang Efek Pandemi

Senin, Juni 28, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Pandemi membuat perekonomian menjadi lesu dan banyak karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ataupun pengurangan gaji. Salah satunya pria satu ini yang dulunya bekerja di kantoran namun karena perusahaan tempatnya bekerja mengurangi gaji karyawannya, dia memilih menambah penghasilan dengan membuka usaha pentol bakar.

Pria tersebut bernama Ari Saputra yang kisahnya sebagai penjual pentol bakar ganteng viral di TikTok. Dia sebelumnya bekerja di Honda Daya Motor (perusahaan otomotif) di bagian media keratif. Dia sudah bekerja sekitar satu setengah tahun di perusahaan tersebut sebelum akhirnya terkena dampak pandemi COVID-19.

"Saya memang kepengen punya usaha walaupun kecil-kecilan. Bahkan saya dulu bekerja sambil kuliah tapi saya sekarang memutuskan untuk usaha saja," kata anak bungsu dari tiga orang bersaudara itu, Rabu (23/6/2021).

Agar penjualannya semakin meningkat, ia menerima pesanan melalui ojek online. Ari gencar mempromosikan jualannya melalui media sosial. Bahkan pelanggannya mengetahui jualannya dari TikTok setelah sosoknya viral.


"Sangat amat membantu, karena banyak orang-orang yang sebelumnya belum tahu pentol bakar kami sekarang antusiasnya alhamdulillah. Karena saya hanya bisa memanfaatkan apa yang ada untuk promosi dan berhubung antusias di akun TikTok saya cukup baik, jadi saya posting di akun sendiri," imbuhnya.

Pria 20 tahun itu mengaku mulai berjualan sejak Desember 2020. Ia menggandeng sahabatnya dari SD bernama Nabil untuk memulai bisnis tersebut. Lokasi jualannya berada di pinggir Jalan Gusti Hamzah, Pontianak, Kalimantan Barat.

Ari mengatakan modal awal membuka usaha berjualan pentol bakar sekitar Rp 5-6 juta, sudah termasuk dengan gerobak. Omzet yang didapatnya mencapai Rp 600-700 ribu per hari.Ari menuturkan jika menu utama jualannya adalah pentol bakar. Ada juga menu lain sosis bakar, haikeng bakar dan tahu bakar dengan harga mulai dari Rp 1.500-2.000.

Pada akhir wawancara Ari memberikan semangat bagi yang terkena PHK ataupun pengurangan gaji akibat terdampak pandemi. Menurutnya untuk siapapun khususnya generasi milenial jangan takut untuk memulai usaha.

"Bagi yang terkena dampak COVID-19 tetap semangat dan selalu konsisten. Jangan lupa untuk berdoa minta kemudahan. Dan buat generasi milenial jangan terlalu takut memulai kalau kamu ada keinginan untuk bisnis jangan takut untuk gagal. Karena orang yang gagal sebenanarnya cuma orang nggak berani mewujudkan keinginannya," tutupnya.

Sumber :wolipop.detik.com

0 comments: