Wabah COVID-19 Hingga ke Kebun Binatang, India Tutup Semua Cagar Alam Harimau




     Pemerintah India akhirnya memerintahkan penutupan sementara semua cagar alam harimau untuk pariwisata. Langkah itu diambil akibat serentetan wabah COVID-19 melanda kebun binatang di seluruh negeri.

Mengutip CNN, Kamis (10/6/2021), National Tiger Conservation Authority (Otoritas Konservasi Harimau Nasional) - sebuah lembaga di bawah kementerian lingkungan pemerintah - mengeluarkan perintah penutupan pada Senin 7 Juni setelah kematian singa betina yang terdeteksi positif COVID-19 beberapa hari sebelumnya."Contoh terbaru dari hewan kebun binatang yang terinfeksi COVID-19 sekali lagi menunjukkan kemungkinan besar penularan penyakit dari manusia yang terkena ke hewan liar di penangkaran," kata perintah itu. "Penularan serupa juga dapat terjadi di cagar alam harimau."  

Untuk mencegah harimau dan satwa liar lainnya terinfeksi, semua cagar alam harimau harus ditutup untuk kegiatan pariwisata sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Harimau adalah spesies yang terancam punah dan kurang dari 4.000 tersisa di Bumi, menurut World Wildlife Fund/WWF (Dana Margasatwa Dunia). Beberapa ribu harimau hidup di cagar alam di India, yang populasinya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat upaya konservasi termasuk perluasan tutupan hutan dan hukuman penjara karena membunuh hewan.

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.