WhatsApp Rilis Pembaruan Fitur Bisnis

Kamis, Juni 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



WhatsApp mengumumkan pembaruan terkait WhatsApp Business API. Pembaruan itu diklaim akan membantu pelaku bisnis untuk mempercepat proses onboard bisnis ke WhatsApp Business API.

Sedangkan bagi pelanggan, pembaruan itu akan memudahkan mereka untuk memulai obrolan dengan bisnis.

Dalam pernyataan resmi, WhatsApp mengklaim telah memangkas waktu yang dibutuhkan para pelaku bisnis untuk mulai menggunakan (onboard) WhatsApp Business API, dari berminggu-minggu menjadi hanya 5 (lima) menit.

Peningkatan itu disebut akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp.

"Pemilik bisnis bisa memilih untuk bekerja sama dengan penyedia solusi bisnis atau langsung mendapatkan dukungan dari Facebook di masa mendatang," kata Kepala Produk Bisnis WhatsApp, Ajit Varma dalam keterangan resmi dikutip, Rabu.

Kemudian, WhatsApp juga menyediakan lebih banyak jenis pesan, seperti pesan yang memberi tahu pelanggan kapan suatu produk kembali tersedia. Pembaruan itu muncul setelah perusahaan mengamati betapa bermanfaatnya informasi berkala yang disampaikan oleh otoritas kesehatan terkait dengan pandemi.

Sebelumnya, WhatsApp mellihat pelaku bisnis seringkali mengalami kendala dalam mengirim notifikasi yang tepat pada waktunya. Kendala itu menyulitkan bisnis untuk menindaklanjuti pertanyaan atau permintaan pelanggan di luar jangka waktu 24 jam.

"Maka dari itu, kami ingin layanan seperti ini dapat tersedia untuk lebih banyak jenis percakapan," ujar Ajit.

Ajit menyampaikan WhatsApp juga meluncurkan fitur perpesanan baru yang dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi bisnis. Daftar pesan yang baru menyajikan hingga 10 opsi agar pelanggan tidak perlu lagi mengetik respons secara manual.

"Tombol balas akan memudahkan pelanggan untuk dengan cepat melakukan pilihan dari hingga 3 (tiga) opsi balasan yang tersedia hanya dengan 1 (satu) ketukan. Opsi ini dapat diatur sebelumnya oleh pelaku bisnis melalui akun WhatsApp Business API mereka," ujarnya.

Meski demikian, pelanggan masih perlu menghubungi bisnis untuk memulai percakapan atau meminta bisnis untuk menghubungi mereka via WhatsApp.

Dengan pembaruan itu, WhatsApp pun menghadirkan cara baru bagi pelanggan untuk memberikan tanggapan atas pengalaman yang mereka alami jika mereka ingin memblokir suatu bisnis.


Sumber : CNN Indonesia

0 comments: