12 Warga Sulawesi Selatan Diamankan di Kalbar, Polisi Kejar Calo TKI

Sabtu, Juli 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Sebanyak 12 warga asal Sulawesi Selatan diamankan oleh pihak gabungan BP2MI Pontianak, setelah petugas melakukan penggerebekan di sebuah rumah yang diduga dijadikan tempat penampungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal.
Kepala BP2MI Pontianak, Kombes Pol Erwin Rahmat, mengatakan, penggrebekan itu dilakukan pada 28 Juni 2021, di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.
Dari hasil penggrebekan tersebut, tim gabungan mengamankan 12 orang, di antaranya 3 orang perempuan dan 9 orang laki-laki.
"Dari hasil pengrebekan itu, diamankan 1 orang laki-laki berinsial K, warga Kecamatan Sekayam. Dan saat ini sudah diamankan di Polda Kalbar, untuk lakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya, Jumat.
Erwin melanjutkan, K diduga merupakan orang yang memfasilitasi calon PMI ilegal itu, sebelum diberangkatkan ke Malaysia, untuk bekerja di perkebunan sawit secara ilegal. Mereka rencananya akan masuk ke Malaysia melalui jalur tikus.
Dari Sulawesi Selatan, para calon PMI ilegal itu, menggunakan kapal menuju daerah Batu Licin, di Kalimantan Selatan. Dari sana mereka menggunakan jalur darat memakai mobil travel ke Sekayam, sebelum masuk Malaysia.
Hasil dari pemeriksaan para calon PMI dan K, diketahui bahwa mereka direkrut oleh dua orang berbeda, di daerah asalnya yang saat ini masih dalam proses pencarian.
“Dari keterangan para korban atau calon PMI ini, mereka ditawari pekerjaan di Malaysia. Namun mereka harus membayar terlebih dahulu, ada yang Rp 2 juta, Rp 6 juta, bervariasi. Dari 12 orang ini, mereka ada dua kubu, dan ada 2 orang tekongnya (calo) yang masih kita buru," ungkapnya.
Setelah seluruh proses pemeriksaan selesai, kata Erwin, maka calon PMI yang saat ini ditampung di Selter BP2MI Pontianak, akan dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing.


Sumber : Kumparan

0 comments: