5 Buah untuk Diet Khusus Menurunkan Berat Badan

Senin, Juli 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, ada beberapa buah untuk diet yang dapat dikonsumsi. Buah-buahan tersebut dikenal sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk dijadikan makanan atau camilan selama diet.

Ada tiga kelebihan buah untuk diet yang berperan penting dalam mendukung program penurunan berat badan, yaitu mengandung tinggi serat, rendah kalori dan lemak, serta mengandung beragam vitamin dan mineral.

5 Buah untuk Diet Khusus Menurunkan Berat Badan - Alodokter

Kandungan serat yang tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan, sedangkan kandungan vitamin dan mineral dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda selama menjalani diet.

Aneka Pilihan Buah untuk Diet
Guna mendukung program menurunkan berat badan, ada beberapa jenis buah untuk diet yang dapat Anda konsumsi, di antaranya:

1. Apel
Buah apel dikenal sebagai camilan tepat bagi siapa pun yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Buah apel mengandung 85 persen air dan 5 gram serat. Kandungan air dan serat inilah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat Anda tidak cepat lapar.

Kelebihan lain yang dimiliki apel sebagai buah untuk diet adalah kandungan flavonoid bernama quercetin. Kandungan yang bersifat antioksidan ini juga diduga dapat melawan berbagai jenis kanker, mencegah kerusakan sel, serta menjaga fungsi paru-paru dan jantung.

2. Jeruk Bali
Buah untuk diet yang satu ini lebih umum dikenal dengan nama jeruk bali atau pomelo. Buah ini dapat menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang lebih lama, terutama bagi mereka yang berisiko terkena penyakit diabetes.

Konsumsi buah grapefruit sebelum makan secara rutin selama tiga bulan, diduga dapat mengurangi berat badan hingga 1,5 kg. Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah berhati-hatilah saat mengonsumsi buah ini bila sedang menjalani pengobatan. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah buah ini dapat memengaruhi efek obat yang sedang dikonsumsi.


3. Alpukat
Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar.

Selain dapat memberikan efek kenyang lebih lama, alpukat juga dapat mengontrol kadar gula darah. Lemak baik dalam alpukat  baik bagi kesehatan jantung serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

Alpukat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram alpukat,   terkandung sekitar 7 gram serat, 15 gram lemak baik, folat, dan vitamin B6.

4. Pisang
Pisang direkomendasikan sebagai buah untuk diet, karena bisa menunda rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang adalah buah yang bebas lemak, kolesterol, dan rendah natrium, tetapi kaya akan vitamin dan mineral.

Bagi siapa pun yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, cobalah konsumsi berbagai jenis buah untuk diet di atas.

Selain konsumsi buah untuk diet, Anda pun perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol guna menunjang keberhasilan diet.

Untuk mengetahui lebih banyak pilihan buah untuk diet atau jenis diet yang sesuai kondisi kesehatan Anda, konsultasikan ke dokter. Dengan demikian, berat badan ideal pun dapat Anda peroleh dan kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.


Sumber : alodokter

0 comments: