5 Cara Alami Atasi Sakit dan Gatal Bekas Gigitan Nyamuk

Selasa, Juli 27, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Berikut cara alami menghilangkan bentol, rasa sakit, serta gatal bekas gigitan nyamuk. (iStockphoto/Piyapong Thongcharoen)

Rasa sakit dan gatal akibat gigitan nyamuk tentu mengganggu, apalagi jika itu terjadi pada malam hari dan membuat Anda terjaga dari tidur. Memakai obat anti nyamuk pun rasanya sudah terlambat, kecuali mencegah gigitan nyamuk baru.
Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit dan gatal bekas gigitan nyamuk?


Menurut ahli alergi di Wethersfield, Connecticut dan juru bicara American College of Allergy, Asthma and Immunology, Kevin McGrath, ketika nyamuk menggigit Anda, sebagian air liurnya masuk ke kulit Anda saat ia memakan darah Anda.

Tubuh Anda sebenarnya memiliki reaksi kekebalan terhadap beberapa protein dalam air liur, mirip seperti jika Anda memiliki reaksi alergi. Akibatnya, selama beberapa jam berikutnya, Anda akan melihat pembengkakan atau bentol, gatal, dan kemerahan secara bertahap.

Berikut cara alami menghilangkan bentol, rasa sakit, serta gatal bekas gigitan nyamuk.


1. Es
Menurut asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine at Mount Sinai, Debra Jaliman, dingin membantu meredakan peradangan akibat gigitan.

"Es membantu mematikan rasa di area kulit yang digigit nyamuk dan Anda merasa gatal," tambah Jaliman yang juga penulis buku Skin Rules: Trade Secrets, seperti dikutip LiveStrong.

Karena es langsung pada kulit untuk jangka waktu yang lama tidak dianjurkan, Jaliman lantas menyarankan Anda menggunakan kompres es selama 10 menit untuk mengurangi pembengkakan dan gatal, kemudian istirahatkan kulit Anda selama beberapa menit dan aplikasikan kembali sesuai kebutuhan.

2. Soda kue
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan Anda mengoleskan campuran soda kue dan air untuk membantu mengurangi rasa gatal.

Campurkan satu sendok makan soda kue dengan air secukupnya untuk membuat pasta, lalu oleskan pada gigitan. Tunggu 10 menit, lalu bersihkan pasta.

3. Madu
"Ini dapat membantu menenangkan area tersebut, dan karena memiliki sifat antibakteri, sebenarnya dapat mencegah gigitan agar tidak terinfeksi," kata Jaliman.

"Namun, itu tidak akan banyak membantu untuk gatal, seperti pengobatan rumahan lainnya."

Anda dapat mengoleskan sedikit madu pada bekas gigitan beberapa kali sehari. Hanya saja, jangan melakukannya tepat sebelum Anda pergi ke luar rumah, karena madu itu sendiri dapat menarik lebih banyak serangga.

4. Teh celup
Menurut Jaliman, kantong teh yang direndam dalam air dingin memiliki sifat yang mirip dengan es, membantu mengurangi peradangan dan mematikan rasa di area kulit.

Namun di sisi lain, kantong teh itu sendiri juga mengandung zat yang disebut tanin, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Dia menyarankan untuk menggunakan teh hitam, yang mengandung tanin tertinggi.

Seperti kompres es, oleskan pada gigitan selama 10 menit, lalu aplikasikan kembali sesuai kebutuhan.

5. Gel Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal sebagai penenang sengatan matahari, tetapi juga dapat membantu peradangan, kemerahan, dan mendinginkan area tersebut.

Menurut Jaliman, manfaat tersebut akan membuat rasa gatal lebih tertahankan.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: