5 Gunung di Indonesia yang Dianggap Paling Banyak Menyimpan Misteri

Kamis, Juli 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Gunung merupakan salah satu tempat yang dianggap sakral di bumi. Khususnya di Indonesia, beredar banyak gunung yang masih menyimpan banyak mitos dan kisah misteri yang terus turun-menurun sampai di telinga para pendaki.

Ada yang percaya, ada juga yang menganggapnya sebuah cerita khayalan. yang pasti tetap jaga perilaku di mana pun berada. Apalagi di tempat-tempat baru seperti gunung. Saat ke gunung, pastikan kamu tertib menaati aturan dan tetap menjaga alam ya!

Ini dia 5 gunung paling angker di Indonesia yang menyimpan banyak misteri.

1.  Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 3265 mdpl, terletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu menjadi gunung yang memiliki cerita mistis paling ditakuti. Di gunung ini terkenal dengan mitos pasar setannya. Beberapa pendaki mengaku pernah melihat pasar setan,  barang yang dijajakan adalah berbagai jenis makanan dan kebutuhan pendakian.

Mitos yang beredar di Gunung Lawu, jika ingin selamat, sebaiknya kelompok pendakian harus berjumlah genap, tidak boleh berjumlah ganjil. Sebab mungkin saja di jalan kalian akan berbeda formasi lantaran yang menggenapkan jumlah rombongan adalah makhluk astral yang ada di gunung tersebut.

Atau yang terakhir adalah jangan mendaki dengan menggunakan baju hijau. Jika kalian menggunakan baju hijau maka kalian akan tersesat pada jalur pendakian.

2. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan, gunung ini juga konon katanya merupakan gunung yang paling seram di antara gunung lainnya karena menyimpan misteri menarik yaitu Hantu Poppo’. 

Hantu Poppo’  adalah manusia yang memiliki ilmu terbang di malam hari karena siang hari ia akan berubah menjadi manusia seperti biasa. Hantu ini biasanya diwarisi turun temurun. Jika ilmunya belum berpindah ke anak cucunya, maka manusia hantu poppo' itu tidak akan meninggal .

Hantu Poppo’  hinggap di rumah-rumah di kaki Gunung Latimojong atau pohon-pohon yang ada di sana, serta sesekali ia akan mengeluarkan suara “Pok..pok..”. 

Suaranya yang terdengar kecil menandakan bahwa ia sedang berada jauh dari kita ,namun sebaliknya bila suara yang terdengar keras, menandakan jika keberadaanya sedang dekat  sekali dengan kita.

3. Gunung Kerinci.

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera, letaknya di provinsi Jambi. Selain jalurnya yang menantang, Gunung Kerinci juga terkenal dengan kisah mistis dan mitos di jalur pendakiannya.

Cerita pohon bolong di jalur pendakian Gunung Kerinci sudah tidak asing lagi bagi kalangan pendaki. Sebagian besar pendaki pasti pernah melihat keberadaan pohon itu.

Konon cerita yang santer di kalangan pendaki, hilangnya Setiawan Maulana pada 2014 lalu memiliki hubungan dengan sosok penunggu di pohon besar itu.

Dikabarkan ada banyak pendaki yang meninggal dunia di Gunung Kerinci bahkan beberapa di antaranya sampai sekarang ada yang belum ditemukan. Pendaki yang meninggal pertama kali saat mendaki Gunung Kerinci itu adalah Adi Permana, ia meninggal pada tahun 1983. Pendaki tersebut diduga terjatuh ke dalam jurang di sisi timur shleter III.

Kemudian yang paling menyita perhatian adalah pendaki Yudha Sentika. Nama pendaki tersebut diabadikan sebagai tempat, yakni Tugu Yudha. Tugu tersebut berada di jalur sebelum menuju puncak. Tugu tersebut dibuat untuk mengenang nama Yudha Sentika yang hilang saat mendaki Gunung Kerinci pada tahun 1990. Hingga kini, Yudha Sentika belum ditemukan.

4. Gunung Salak

Gunung salak berada di kawasan Bogor dan Sukabumi jawa barat. Gunung salak memiliki cerita mistis yang masih tidak terpecahkan berkaitan dengan sosok nenek dengan usia 80 tahun. Beliau sering memperlihatkan diri di tepian tebing, tak jarang menyapa dan bersikap ramah, namun keanehan sering dialami. 

Di sana juga terdapat sejumlah makam dan tercatat beberapa kecelakaan. Salah satunya adalah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada 9 Mei 2012 di Gunung Salak. Insiden itu dipercaya warga setempat bahwa jatuhnya pesawat Sukhoi berada tepat di makam para leluhur yang berilmu ‘tinggi’.

Selain itu, di sini bukan sosok yang tertangkap indera penglihatan, namun gendang telinga bergetar mengisyaratkan sebuah alunan gamelan. Tentu ini sangat misterius, sebab jalur yang dilalui tidak memungkinkan adanya sekelompok orang menggotong alat gamelan lengkap.

5. Gunung semeru

Mahameru adalah puncak gunung tertinggi di tanah Jawa. Gunung yang menjulang tinggi di dataran Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini pernah dipakai sebagai lokasi syuting film 5 cm.

Hal yang menyeramkan dari Gunung  ini adalah, kawasan “kelik”. Kelik adalah tempat di mana berada beberapa batu “in memoriam” yang menandakan adanya orang yang meninggal di Gunung Semeru.

Salah satunya adalah batu “in memoriam”  milik Soe Hok Gie. Konon sering terjadi kesurupan di kawasan ini, para pendaki ini dirasuki oleh roh manusia atau juga roh binatang.

Ranu Kumbolo merupakan danau yang cantik namun menyimpan sebuah misteri. Ranu Kumbolo juga dikenal sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru. Para pendeka yang berkemah disini seringkali melihat sosok hantu wanita di tengah Ranu Kumbolo.

Di tengah danau yang jernih ini pada malam bulan purnama sering muncul sosok penampakan yang diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Penampakan itu sering muncul berupa kabut tebal yang berkumpul lalu manjadi sesosok wanita.

Itu beberapa gunung yang dianggap menyimpan misteri. Namun perlu diingat, hal tersebut hanya cerita turun temurun. Jangan takut naik gunung, tetapi tetap menaati aturan ya teman!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.



Sumber : Yoursay

0 comments: