7 Onsen Unik di Jepang, Berisi Lumpur sampai Kuah Ramen

Sabtu, Juli 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Ada banyak tempat pemandian air panas di Jepang yang disebut 'onsen'. Walau sama-sama memiliki fasilitas kolam air panas, tapi jangan salah berkunjung, karena ada tempat pemandian yang disebut 'sento'.
Secara harfiah, onsen berarti tempat pemandian air panas. Faktanya, ini adalah tempat pemandian air panas alami yang kaya akan mineral bermanfaat.

Mengutip Live Japan, onsen hadir dalam berbagai jenis, dua yang populer adalah 'roten-buro', pemandian luar ruangan, dan 'note-buro', pemandian dalam ruangan.

Sedangkan sento adalah pemandian air panas umum, tetapi tidak melekat pada mata air alami.


Di antara sento, ada juga yang disebut 'super sento' yang cenderung lebih elegan dan menawarkan berbagai sauna, pemandian, dan layanan lainnya.

Selain ditanam di dalam pasir di Kyushu atau berendam di kolam yang dipenuhi monyet muka merah di Jigokudani Monkey Park, berikut tujuh onsen unik lainnya yang bisa dikunjungi di Jepang:

1. Onsen di sungai
Kawayu Onsen di semenanjung Kii, prefektur Wakayama, terkenal dengan lokasinya yang tidak biasa. Jika hampir sebagian besar onsen berbentuk tempat pemandian, onsen di sini berupa sungai yang mengalir. Faktanya, 'kawa' berarti sungai, dan 'yu' berarti air panas.

Air sungainya dingin, jadi untuk mendapatkan hawa panasnya wisatawan harus menggali dasar sungai atau berendam di area yang telah disediakan.

Ada deretan ryokan (penginapan tradisional), hotel, dan minshuku (penginapan rumah warga) di sepanjang tepi sungai dan hutannya. Pemakaian baju renang dan sandal sangat direkomendasikan.

2. Onsen dengan air yang dipukul
Di kota resor onsen Kusatsu, ada teknik tradisional untuk mendinginkan air panas untuk pemandian.

Airnya terlalu panas untuk mandi, mencapai antara 51°C hingga 94°C. Untuk menghindari pendinginan dengan air dingin yang dikhawatirkan menghilangkan mineral berharga, teknik yang disebut 'yumomi' dilakukan.

Dikombinasikan dengan musik dan tarian tradisional, 10 wanita berpakaian yukata menggunakan dayung kayu besar untuk mengaduk dan memukul air.

Saat udara bercampur selama ritual, air menjadi dingin. Pengunjung dapat menonton pertunjukan, dan bahkan mencoba menggunakan dayungnya.

3. Onsen wine, sake, teh, kopi sampai kuah ramen
Sementara banyak onsen di Jepang memegang teguh tradisi, etiket, dan manfaat alam, onsen yang lain condong ke gaya baru.

Yunessun Hot Springs and Spa di kota Hakone bisa didatangi wisatawan yang ingin mencoba berendam di onsen wine, sake, teh, kopi sampai kuah ramen.

Campuran di dalam air panasnya terbuat dari bahan alami yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan kulit. Namun jangan coba-coba meminumnya, karena belum tentu cocok dengan lambung.

Onsen di Jigokudani Monkey Park, Jepang. (iStockphoto/RichLegg)


4. Onsen lumpur
Bukan air, melainkan lumpur yang menjadi bahan rendaman di kolam-kolam Beppu Onsen Hoyoland.
Lumpur putih susu bertekstur lembut yang disediakan di sini diklaim mengandung bahan yang bisa membantu meremajakan kulit.

5. Onsen air hitam
Kuroyu adalah onsen tradisional yang tidak biasa, karena airnya berwarna hitam yang mengandung mineral dari perut Bumi.

Onsen unik ini dapat ditemukan di Yumoro No Sato Onsen di kota Chofu, bagian dari kota metropolitan Tokyo.

Berendam di onsen ini membantu meremajakan kulit, karena air hitamnya memiliki bahan pelembab kulit sekaligus memenangkan segara penyakit kulit, seperti eksim dan dermatitis.


6. Onsen apel
Aomori, di utara Honshu, dikenal sebagai pusat produksi apel Jepang. Lebih dari setengah apel Jepang berasal dari wilayah ini, termasuk apel sekai ichi raksasa yang luar biasa.

Pariwisata di Aomori juga tentang apel; pengunjung dapat memetik apel, ikut serta dalam festival bunga apel untuk melihat bunga-bunga indah bermekaran, atau mencoba sari apel lokal.

Tapi ada aktivitas lain yang berhubungan dengan apel: onsen apel.

Terletak di dekat Kota Hirakawa, 45 menit berkendara dari Aomori, Minamida Onsen Hotel Apple Land menawarkan kesempatan untuk menikmati onsen dengan rendaman apel.

Onsen ini jelas memiliki aroma apel yang menyenangkan. Asam malat yang dilepaskan dari kulit apel dikatakan dapat melembutkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

7. Onsen es
Setiap tahun di musim dingin, acara tahunan Danau Shikaribetsu Kotan akan diadakan di danau dengan ketinggian 801 meter di Kota Shikaoi Hokkaido.

Kotan berarti 'desa' dalam bahasa lokal, dan desa yang menakjubkan di danau beku ini mencakup pondok es dengan bar es keren, iglo, dan satu-satunya onsen es luar ruangan di dunia.

Tidak seperti kebanyakan onsen, pengunjung dapat mengenakan pakaian renang dan jubah onsen ke dalam pemandian.

Rasakan pengalaman unik berendam di pemandian air panas yang terbuat dari es. Suhu di luar ruangan mungkin membeku pada -20 derajat Celcius, tetapi berendamlah di sumber air panas 40 derajat Celcius, dan badan akan langsung dihangatkan.

Mengutip Trip 101, pengalaman berendam di onsen es yang tak terlupakan seperti itu hanya tersedia untuk periode tiga bulan terbatas, setiap tahun dari Januari hingga Maret.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: