Anak beruang hitam Formosa yang diselamatkan berhasil diperkenalkan kembali ke alam liar Taiwan

Sabtu, Juli 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Cerita dipuji sebagai dorongan untuk upaya menyelamatkan beruang hitam endemik bangsa

Beruang hitam Formosa Mulas di sebuah pusat pelatihan pada tahun 2020 (foto Kantor Distrik Hutan Taitung)

TAIPEI — Seekor anak beruang hitam Formosa yang diselamatkan dua tahun lalu telah dinyatakan mampu hidup sendiri di habitat aslinya, kasus pertama di Taiwan.

Mulas, anak beruang hitam Taiwan betina yang diselamatkan penduduk Taitung dari serangan anjing pada Juli 2019, dilepaskan ke alam liar pada Mei 2020 setelah program 10 bulan yang berfokus pada perawatan dan pelatihan.

Setelah sekitar 13 bulan pemantauan, Kantor Distrik Hutan Taitung memutuskan bahwa Mulas telah terbiasa dengan kehidupan di hutan dan memutuskan untuk melepas kalung pelacak GPS-nya dari jarak jauh sebelum baterainya habis.


Kalung itu diambil di hutan, 3 kilometer dari lokasi pelepasan Mulas. Para peneliti percaya daerah itu, yang kaya akan makanan untuk beruang, adalah tempat yang dia sebut rumah.

Terinspirasi oleh cerita tersebut, para peneliti berharap data dari kalung tersebut akan membantu melukiskan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana Mulas berperilaku di alam liar. Ini akan berfungsi untuk berkontribusi pada penelitian tentang spesies endemik, yang telah diklasifikasikan sebagai terancam punah.



Beruang hitam Formosa Mulas di pusat pelatihan pada tahun 2020 (Foto Kantor Distrik Hutan Taitung)

Kerah GPS digunakan untuk melacak Mulas (foto Kantor Distrik Hutan Taitung)

Sumber : Taiwan news

0 comments: