Badai Tropis In-Fa bisa datang paling dekat ke Taiwan pada hari Jumat

Selasa, Juli 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Belum pasti apakah In-Fa akan mendarat di Taiwan

Peta jalur proyeksi Badai Tropis In-Fa. (gambar JTWC)

TAIPEI — Biro Cuaca Pusat (CWB) memperkirakan bahwa Badai Tropis In-Fa (烟花) akan datang paling dekat ke Taiwan pada hari Jumat (23 Juli), tetapi saat ini ada banyak ketidakpastian apakah akan langsung menghantam negara itu.

Menurut CWB, hingga pukul 02.00 dini hari tadi, Badai Tropis In-Fa berada di 23,9 derajat lintang utara dan 131,8 derajat bujur timur, bergerak ke barat dengan kecepatan 7 kilometer per jam. Itu memiliki radius 100 km dan mengemas angin berkelanjutan maksimum 82 kilometer per jam dengan hembusan hingga 108 kilometer per jam.

Badai tropis keenam tahun ini terjadi pada dini hari Minggu pagi (18 Juli). Karena pengaruh pinggiran badai, Taiwan kemungkinan akan mulai melihat cuaca hujan pada Selasa (20 Juli).

Peta jalur prediksi Badai Tropis In-Fa. (gambar CWB)

CWB memperkirakan bahwa itu bisa berubah menjadi topan moderat pada hari Selasa, dan biro tersebut dapat mengeluarkan peringatan laut segera pada hari Rabu (21 Juli). Pagi ini pukul 7 pagi, halaman Facebook Weather Taiwan menyatakan bahwa menurut sebagian besar model cuaca internasional, In-Fa akan mendekati pulau Miyako-jima di Jepang pada hari Kamis (22 Juli) dan pada hari Jumat bergerak ke barat laut, mendekati perairan di lepas pantai timur laut dan pantai utara Taiwan, sebelum menuju China pada Sabtu (24 Juli).

CWB memperkirakan bahwa pinggiran badai akan membawa hujan ke Taiwan utara dan timur laut pada hari Rabu dan Kamis. Mulai Rabu, saat badai mendekat, angin dan hujan akan terasa meningkat di utara dan timur laut serta di Matsu.

Proyeksi jalur Badai Tropis In-Fa. (gambar JMA)

Namun, Weather Taiwan menunjukkan bahwa mengingat fakta bahwa masih ada empat hingga lima hari sebelum badai mencapai titik terdekatnya, perkiraan jalur dan dampaknya terhadap negara tersebut dapat berubah. Penyimpangan pada jalurnya saat ini dapat mengakibatkan perbedaan yang signifikan dalam hal angin dan hujan yang dibawanya.

Masyarakat disarankan untuk memantau dengan cermat laporan cuaca harian tentang badai tropis sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan.

Citra satelit Badai Tropis In-Fa. (gambar NOAA)

Sumber : Taiwan news

0 comments: