Berkunjung ke Gua Kreo, Destinasi Wisata Kota Semarang yang Punya Hubungan dengan Sunan Kalijaga

Rabu, Juli 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Bukan hanya dikenal sebagai kota yang memiliki deretan masjid-masjid unik dan indah, Semarang juga memiliki sebuah destinasi wisata yang sarat akan cerita legenda di dalamnya. Salah satunya adalah Gua Kreo, sebuah Gua yang konon katanya memiliki hubungan dengan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga pernah bertafakur dan berdoa di gua ini. Ceritanya bermula saat ulama bernama Syekh Malaya  sedang mencari pohon jati untuk dijadikan tiang Masjid Demak.

Goa Kreo berada di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah. 

Menurut beberapa keterangan, Gua Kreo memiliki kedalaman yang sangat panjang, dan konon, panjang Gua Kreo sampai di Demak atau Kendal.

Di kawasan ini terdapat dua gua, yaitu Goa Kreo dan Gua Landak. Keduanya tersebut dijaga oleh kera yang jumlahnya sekitar 500 ekor. Kera-kera tersebut hidup secara liar namun tetap dilindungi keberadaannya. Meskipun liar, namun kera tersebut sudah terbiasa dengan para wisatawan yang datang ke tempat itu.

Akan tetapi perlu diperhatikan jika kita berkunjung ke gua ini, hendaknya tidak membawa makanan dan minuman secara berlebihan. Karena kera-kera di sini akan merebut makanan atau minuman seseorang bila mana terlihat sangat banyak.

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi adalah pengunjung diharapkan untuk tidak membawa minuman yang berwarna dan memiliki aroma yang kuat. Sebab, kera-kera disini akan lebih tertarik melihat minuman dengan warna yang mencolok.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah bagi pengunjung untuk tidak membawa barang-barang yang bisa memikat perhatian para kera, seperti perhiasan.

Destinasi wisata ini dikelilingi Bendungan Jatibarang. Bendungan ini memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai tampungan air untuk menanggulangi masalah banjir di Semarang, PLTA, PDAM, dan obyek wisata.

Para wisatawan yang berkunjung ke Gua Kreo juga bisa mengelilingi Bendungan Jatibarang dengan speedboat yang sudah disediakan dengan harga Rp100.000. Satu speedboat bisa diisi maksimal 4 orang.

Namun demikian, di masa pandemi ini, pihak pengelola gua menetapkan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.



Sumber : Akurat.co

0 comments: