Bisnis Jasa Pengiriman DayTrans Naik Tiga Kali Lipat

Jumat, Juli 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Bisnis jasa pengiriman anak usaha PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) yakni DayTrans naik tiga kali lipat selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Lonjakan ini dipengaruhi larangan mobilitas penumpang yang membuat pengiriman barang antarkota meningkat pesat.

Meningkatnya jasa pengiriman membuat DayTrans menyumbang 50% pada total pendapatan WEHA group, sedangkan sisanya 50% dari sewa bus pariwisata. Sementara divisi pengiriman paket berkontribusi sekitar 30% dari bisnis DayTrans, tetapi ke depan diperkirakan akan terus meningkat. “Target laba bersih tahun ini mungkin masih negatif dengan berlanjutnya pandemi ini. Namun dari segi EBITDA, WEHA sudah membukukan kinerja positif,” ujar Business Development Director WEHA Transportasi Indonesia Andrianto Putera Tirtawisata kepada Investor Daily, Jumat.

Andrianto menyampaikan, 2021 masih menjadi tahun yang menantang bagi perseroan. Namun membuka peluang perseroan berinovasi ke bisnis logistik yang diperkirakan tetap bagus, bahkan setelah pandemi selesai.

Sebagaimana diketahui, anak usaha perseroan yakni DayTrans memiliki dua layanan jasa pengiriman yaitu DayTrans Express dan DayMall. DayTrans Express adalah layanan pengiriman paket yang menyediakan berbagai bentuk layanan seperti pool to pool dimana konsumen bisa menitipkan barang di counter DayTrans dan penerima bisa mengambil barangnya di counter tujuan.

Kemudian perseroan menyediakan layanan home to home, dimana kurir DayTrans akan mengantar dan menjemput paket di rumah atau lokasi lain yang sudah ditentukan sehingga memudahkan customer tidak perlu keluar rumah.

Inovasi terbaru perseroan di DayTrans Express yang baru diluncurkan adalah jasa pengiriman dalam kota, dimana sebelumnya DayTrans Express hanya melayani jasa pengiriman luar kota. Hingga kini, pengiriman dalam kota sudah beroperasi di empat kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Perseroan juga dalam waktu dekat akan membuka layanan pengiriman dalam kota di kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya. Menurut Andriato, lokasi ini dipilih karena perseroan baru membuka counter di Surabaya yang akan melayani rute Surabaya-Yogyakarta dan Surabaya - Solo - Semarang, sehingga bisa melayani paket dan penumpang.

Sementara untuk DayMall, merupakan layanan inovasi food delivery antarkota yang dibentuk akhir tahun lalu. DayMall memudahkan customer untuk tetap dapat menikmati jajanan luar kota.

Layanan ini juga membantu UMKM di luar kota yang terimbas pandemi, dimana mereka tetap bisa mendapatkan penjualan dari customer di luar kota. Untuk layanan DayMall, perseroan sudah beroperasi di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Per hari ini sudah ada 2.000 merchant UMKM jajanan makanan yang sudah bergabung di DayMall. Perseroan berupaya untuk terus manambah merchant di kota-kota yang merupakan area operasional perseroan agar dapat membantu lebih banyak UMKM melewati masa sulit di pandemi ini. Saat ini DayMall penyedia jasa food delivery antarkota terbesar di Jawa.



Sumber : BeritaSatu.com

0 comments: