Cara Aman Menginap di Hotel saat Pandemi Covid-19

Senin, Juli 05, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Selain menerapkan prokes ketat, masyarakat yang ingin berlibur harus memastikan hal berikut agar aman menginap di hotel saat pandemi. (Foto: Istockphoto/lookslike)


Tidak bisa dimungkiri bahwa pandemi membuat tingkat kejenuhan semakin tinggi. Perlahan namun pasti, pemerintah membuka kembali penerbangan dan beberapa kawasan wisata.

Hal tersebut disambut baik banyak masyarakat Indonesia, terlebih hotel yang kerap memberikan potongan bahkan obral harga menginap.

Akan tetapi, masyarakat yang hendak berlibur untuk diminta mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat saat akan dan setelah mendarat juga selama berwisata.

Ada beberapa hal yang harus dan perlu Anda ketahui dan patuhi sebagai cara aman pergi ke hotel saat pandemi.

Melansir CNN, Analis Kesehatan Dr. Leana Wen memberikan saran bagi pelancong agar tetap aman selama bepergian dan menginap di hotel.

"Jangan pernah berbagi kamar dengan yang bukan anggota keluarga dekat, kecuali jika orang tersebut sudah divaksinasi," ujarnya.

Tips Aman Menginap di Hotel saat Pandemi

Ilustrasi Turis wanita bawa koperCara aman berlibur dan menginap di hotel saat pandemi. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/martin-dm)

1. Sebelum Tiba di Hotel

Covid-19 secara langsung mengubah seluruh protokol hotel. Hal paling awal yang harus Anda lakukan dan ingat adalah memeriksa keamanan pada situs hotel tersebut maupun agen perjalanan.

Jika tidak terdapat info detail terkait prokes, Anda dapat menelepon hotel secara langsung. Poin yang harus ditanyakan terkait prokes yang diberikan hotel tempat Anda menginap adalah sebagai berikut:

  • Tanyakan prosedur pembersihan dan waktu disinfektan kamar dan properti hotel.
  • Tanyakan apakah para petugas memakai masker dan sarung tangan.
  • Tanyakan sarapan seperti apa yang disajikan hotel? Jika prasmanan, apakah terdapat pembatas antara tamu dan meja makan.
  • Tanyakan apakah check-in dan check-out serta pembayaran dapat dilakukan online dengan tujuan mengurangi kontak dengan orang lain.
  • Tanyakan kapan tamu terakhir menginap di kamar Anda atau kapan terakhir kamar hotel dibersihkan.
  • Cara aman pergi ke hotel saat pandemi lainnya, Anda juga dapat menanyakan perihal ventilasi kamar. Apakah jendela kamar dapat dibuka atau tidak, mengingat ventilasi yang baik dapat menekan risiko penyebaran virus corona.

2. Selama Menginap di Hotel

Sebagian besar hotel telah mempertimbangkan keselamatan dan keamanan pelanggannya demi menekan penyebaran virus corona dengan menerapkan peraturan berkaitan dengan protokol kesehatan.

Di sisi lain, pelanggan pun wajib untuk melindungi diri sendiri dengan melakukan hal berikut:

  • Saat tiba di hotel, Anda wajib mengenakan masker dan memiliki semprotan disinfektan. Semprotan tersebut memudahkan Anda untuk melakukan sanitasi permukaan barang, termasuk koper yang dibawakan bellboy.
  • Semprotkan disinfektan tersebut ke seluruh ruangan dan barang termasuk gagang pintu sebelum masuk. Pilih semprotan disinfektan berjenis odor yang sekaligus membersihkan udara.
  • Selanjutnya, Anda wajib menjaga jarak baik dengan staf hotel maupun tamu hotel lainnya.
  • Hindari tempat yang ramai, atau kenakan masker saat harus melewati tempat ramai ataupun ruangan yang mengharuskan Anda berbagi udara dengan orang lain seperti lift, bar, ruang makan, dan lainnya.
  • Minimalkan penggunaan bath up jika ternyata kamar Anda memilikinya.
  • Selalu bawa tisu disinfektan dan hand sanitizer saat harus keluar hotel mengunjungi tempat wisata. Bersihkan benda yang akan Anda sentuh, baik sebelum maupun sesudah menyentuhnya.
  • Sebisa mungkin hindari membuka masker di tempat yang memiliki potensi ramai seperti ruang makan saat sarapan. Anda bisa makan di kamar, atau jika diharuskan di ruang makan pastikan menjaga jarak aman dengan tamu lain.
  • Jangan ragu menegur tamu atau staf hotel yang tidak menggunakan masker di area hotel termasuk ruang makan.
  • Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara aman pergi ke hotel saat pandemi adalah menolak housekeeper membersihkan kamar selagi masih menginap. Anda tidak pernah tahu apakah orang lain membawa virus atau tidak ke dalam kamar.

Di tengah pandemi virus Corona, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan virus Corona, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: