Catat! 5 Kunci Jaga Konsistensi Cita Rasa di Bisnis Kuliner

Kamis, Juli 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Dalam membangun bisnis kuliner penting untuk menjaga dan memperhatikan konsistensi rasa dari makanan. Sebab rasa disebut sebagai kunci sukses dari sebuah bisnis kuliner.

Apalagi hal ini penting untuk mempertahankan konsumen agar tidak pindah ke tempat lain. Namun menjaga konsistensi rasa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika jumlah pesanan mencapai ratusan. Atau bagi bisnis yang sudah membuka banyak cabang. Berikut tipsnya agar cita rasa makanan tetap terjaga seperti dilansir dari beragam sumber.

Standarisasi Menu

Mengutip dari Posist, salah satu kunci menjaga konsistensi rasa makanan yaitu dengan membuat standarisasi menu. Atau menyajikan menu standar di semua outlet. Tidak hanya menu harian, menu spesial yang dilaunching saat momen-momen tertentu juga perlu direncanakan. Dengan begitu pelanggan tidak perlu merasa khawatir untuk mengunjungi gerai restoran atau outlet Anda di tempat mana pun.

Manajemen Dapur Pusat

Jika Anda memiliki beberapa outlet yang tersebar dalam 1 kota, maka bisa mencoba sistem dapur terpusat, yakni sebagian besar kegiatan memasak dilakukan di dapur pusat. Dapur dasar pusat ini akan memastikan konsistensi rasa serta kualitas makanan saat disiapkan di bawah satu atap. Nantinya 90 persen masakan akan disiapkan oleh dapur pusat, baru kemudian didistribusikan ke seluruh gerai.

Membuat SOP

Merancang prosedur operasi standar atau SOP jadi salah satu aspek krusial dari bisnis kuliner, terutama yang akan membuka banyak cabang seperti dilansir dari Dineplan. Adapun SOP yang mencakup resep, ukuran, dan proporsi nantinya akan menjadi panduan praktik dan prosedur yang diterapkan di seluruh rantai bisnis demi menjaga konsistensi. Selain itu SOP juga akan membantu Anda dalam mengelola produk makanan yang dipasok oleh vendor, baik itu kualitas, kuantitas maupun harga.

Memiliki Peralatan Serupa

Peralatan dapur punya peranan penting dalam menjaga rasa makanan. Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan peralatan dapur serupa di semua gerai bisnis. Hal tersebut supaya mempermudah untuk menghasilkan produk dengan cita rasa sama, sehingga konsistensi rasa dan kualitas dari makanan tetap terjaga di semua cabang/outlet bisnis.

Buat Pelatihan Staf

Untuk mencapai konsistensi rasa dan kualitas makanan, maka peran staf tidak boleh dilupakan. Apalagi mereka menjadi sosok yang terjun langsung dalam proses pembuatan makanan. Supaya rasanya sama dan konsisten, tidak ada salahnya menggelar pelatihan bagi para staf. Jangan hanya sekali, disarankan menggelar pelatihan beberapa kali dan rutin supaya berkelanjutan.

Selain konsistensi rasa, membuat menu yang khas dan berbeda dengan bisnis kuliner lainnya perlu dilakukan. Yuk, cari tahu resep membuat menu yang unik dan sulit ditiru dalam webinar "Kembangkan Bisnis Kulinermu".

Webinar persembahan Kraft Heinz Food Service Institute, bekerja sama dengan detikcom ini akan mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', dengan menghadirkan narasumber hebat, mulai dari pengusaha sukses hingga para expert di bidang usaha kuliner. Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 mendatang lewat streaming di platform detikcom.


Sumber : detikFood

0 comments: