Daftar Destinasi Wisata yang Disulap Jadi Sentra Vaksinasi COVID-19

Selasa, Juli 27, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Sejumlah destinasi wisata turut andil mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Selama PPKM Darurat, mereka berinisiasi mengubah operasional untuk salah satunya jadi sentra vaksinasi, bekerja sama dengan berbagai pihak.

Mulai dari Tangerang, sampai Tuban, sederet destinasi ini menawarkan setidaknya satu dosis vaksin COVID-19. Dilansir dari berbagai sumber pada Senin, berikut beberapa tempat wisata yang menyelenggarakan vaksinasi.

1. Batavia Splash Water Adventure, Tangerang

Pekan lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Tangerang menjadikan waterboom di Pasar Kemis jadi sentra vaksinasi COVID-19 untuk warga, lapor kanal News Liputan6.com. Selama PPKM Darurat, Batavia Splash Water Adventure memang sementara ditutup.

Karena itu, otoritas setempat memanfaatkan lapaknya jadi pusat vaksinasi. Terlebih, Kecamatan Pasar Kemis merupakan zona merah penyebaran COVID-19 yang sempat mencatat kasus aktif sebanyak 249 orang.

2. Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang

Salah satu destinasi wisata berpemandangan memesona di Kabupaten Semarang juga turun tangan mempercepat vaksinasi COVID-19. Di akun Instagram-nya, baru-baru ini, mereka menulis, penyelenggarannya merupakan hasil kerja sama dengan Komando Daerah Militer IV Diponegoro dan Persatuan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI).

"Telah mengadakan vaksinasi COVID-19 tahap satu untuk seribu orang. Terima kasih untuk seluruh pihak yang sudah ikut serta membantu dalam kelancaran acara vaksinasi di @banaran_skyview," tulis mereka.

3. South Shore, Gunungkidul, Yogyakarta

South Shore, Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya menggelar vaksinasi COVID-19, namun juga memberi bantuan sembako. "Kami mengajak peserta (vaksinasi) yang mampu dan mau untuk ikut berdonasi kebutuhan sembako yang bisa dibawa saat vaksin," tulis mereka dalam unggahan terbaru di akun Instagram-nya.

Vaksinasi untuk orang berusia 18 tahun ke atas dan lansia ini akan digelar Kamis, 5 Agustus 2021 dan Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 8.00-- 12.00 WIB dengan kuota 150 orang per hari. "Wajib mendaftar ke admin! Paling lambat pendaftaran pada Selasa, 3 Agustus 2021 melalui admin 0817 7000 3768) dan akan dikonfirmasi oleh admin. GRATIS," imbuhnya.

4. HeHa Sky View, Gunungkidul, Yogyakarta

Sementara masih menutup operasional selama PPKM, HeHa Sky View telah menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kloter. Terakhir, kembali bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul dan Puskesmas Patuk 1, pihaknya menyelenggarakan vaksinasi kloter ke-2 pada 19 Juli 2021.

Dengan kuota terbatas sebanyak 500 orang, pihaknya mewajibkan peserta vaksin COVID-19 untuk daftar terlebih dulu. Vaksin ini telah diterima warga ber-KTP Gunungkidul maupun Daerah Istimewa Yogyakarta. 

5. Gua Maria Tritis, Gunungkidul, Yogyakarta

Dengan sasaran 500 warga Kapanewon Paliyan, Gunungkidul, vaksinasi digelar di Gua Maria Tritis, mengutip laman Satpol PP Gunungkidul. "Namun, tidak hanya warga Kapanewon Paliyan, warga Kapanewon lain yang belum vaksin pun dapat divaksin gratis," imbuh mereka.

Vaksinasi yang terselenggara pada Kamis, 22 Juli 2021 ini hadiri Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, dan Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih. Gua Maria Tritis sendiri dikenal sebagai lokasi wisata religi umat Katolik.

6. Pantai Kelapa, Tuban, Jawa Timur

Vaksinasi di Pantai Kelapa Panyuran, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menyasar seluruh warga Kecamatan Palang berusia di atas 18 tahun, melansir laman Polres Tuban. Penyelenggaraannya dilakukan tenaga medis dari RSUD Tuban dan Rumah Sakit AD.

Pantai ini berlokasi di kawasan pusat Kabupaten Tuban, sehingga terbilang mudah dicapai. Itu hanya berjarak tiga kilometer (km) dari Alun-alun Tuban dengan waktu tempuh 5 menit berkendara.




Sumber : Liputan6

0 comments: