Dari Jual Binder ke Bisnis Vape, Pemuda Ini Sukses Jadi Pengusaha

Senin, Juli 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


William Kevin Yudianto merupakan salah satu pengusaha asal Surabaya yang sukses di usia muda. Di usianya yang masih 27 tahun Kevin menghidupi dirinya lewat bisnis likuid vape.

Kevin mengaku dirinya dilahirkan dari keluarga sederhana, proses yang cukup panjang juga dialaminya saat membangun bisnis. Kini dia bukan cuma bisa membesut usaha saja, tapi membuka lapangan kerja bagi orang di sekitarnya. Dia sudah mempekerjakan puluhan karyawan di unit-unit usahanya.

Sebelum menggeluti dunia vape, Kevin mengaku sudah mencoba menekuni berbagai jenis usaha. Bahkan hal itu telah dijajaki Kevin sejak berada di bangku sekolah menengah pertama.

Dia bercerita sejak masih sekolah dirinya pernah menjajakan binder, bolpoin, hingga obat pelangsing kepada kawan-kawannya. Bahkan, Kevin mengaku pernah mencoba beternak anjing, meskipun pada akhirnya usaha yang ia geluti tak berhasil.

"Keluarga saya bukan keluarga yang kaya raya. Itulah yang membuat saya semangat untuk survive," kata Kevin di Surabaya, Minggu.

Nah suatu hari di tahun 2012, dia melihat peluang untuk bisnis vape. Di tahun tersebut penggunaan vape di Indonesia mulai banyak diminati, meski belum sebanyak sekarang.

Tanpa banyak saingan, dia memulai menjual device vape hingga akhirnya kini sudah beranjak membuat likuid vape hingga saat ini.

"Semua ini proses kreatif. Bagaimana kemudian menggunakan desain, mempromosikan melalui platform digital selain itu di Youtube juga bisa jadi ajang promosi sekaligus mendapat pundi dari adsense. Saya rasa di era saat ini, kreativitas tidak akan pernah habis jika orang tidak bermalas-malasan," kata Kevin.

Kevin pun tak lalai pada asalnya. Setidaknya, puluhan karyawan itu berada di lingkar pertemanannya sejak ia kecil. Bahkan, perusahaan bernama Riot yang diinisiasi olehnya itu merupakan perusahaan bersama. Ada sebagian sahamnya yang dimiliki oleh teman-temannya.

Di sisi lain, bertahan hidup di tengah pandemi COVID-19 memang tidak mudah. Meski begitu, masih ada sejumlah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bertahan di pandemi.

Menurutnya, bagi anak-anak muda bisa mencoba terjun ke dalam bisnis ekonomi digital. Menurutnya, sektor digital menawarkan berbagai macam peluang usaha dan bertahan hidup, dan semuanya pun tetap bisa dilakukan di rumah demi menjaga diri terpapar virus Corona.

Yang paling penting menurut Kevin adalah para muda-mudi di Indonesia harus telaten dan jeli melihat peluang yang ada.

"Terutama buat milenial ya. Saat ini mungkin sektor konvensional sedang mengalami krisis. Namun jangan salah, era digital saat ini begitu banyak peluang. Semua tetap bisa dilakukan meski di rumah saja," imbuh Kevin.



Sumber : detikFinance

0 comments: