Dhat Al-Hajj, Benteng Bersejarah Tempat Berkumpulnya Jamaah Haji

Kamis, Juli 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Benteng Dhat Al-Hajj di Tabuk tempat berkumpulnya jamaah haji. (Foto: SPA/Arabnews)


DI Arab Saudi, di sebuah lajur kuno antara Halat Ammar dan Kota Tabuk, terdapat sebuah benteng yang sarat akan sejarah Islam. Benteng itu bernama Dhat Al-Hajj. Benteng ini berdiri kokoh dan sering digunakan sebagai tempat peristirahatan para jamaah haji.

Benteng Dhat Al-Hajj terletak di Jalan Shami Hajj, dikenal juga sebagai Jalan Al-Tabukiya, yang merupakan jalur populer bagi jamaah haji yang datang dari Syam dan ingin bepergian menuju Makkah serta Madinah.

Para jamaah yang melewati jalan ini biasanya akan beristirahat di Dhat Al-Hajj, terutama sebelum maraknya transportasi mesin. Dikarenakan banyaknya konvoi jamaah yang melewati tempat ini, akhirnya Dhat Al-Hajj menjadi titik temu banyaknya budaya. Melalui cerita-cerita, perdagangan, barter, dan lain sebagainya, para jamaah dari berbagai tempat akhirnya meleburkan budayanya di sana.

Benteng Dhat Al-Hajj di Tabuk tempat berkumpulnya jamaah haji. (Foto: SPA/Arabnews)

Dikutip dari laman Arabnews, Rabu (21/7/2021), Dhat Al-Hajj adalah sebuah bangunan yang menonjolkan gaya arsitektur setempat. Dibangun pada tahun 1564, Dhat Al-Hajj jadi satu di antara beberapa benteng paling bersejarah di Shami Hajj. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa nama benteng ini berasal dari tanaman yang tumbuh di sekitar.

Benteng ini berbentuk persegi empat dengan lima ruangan, dilengkapi akses masuk pada tembok sebelah barat yang bisa membawa para jamaah masuk ke lapangan di bagian tengah. Di luar benteng, terdapat sebuah kolam yang menjadi sumber air bagi para jamaah haji dan pedagang yang lewat.

Tidak lama, sebuah desa yang makmur pun muncul di sekitar Dhat Al-Hajj, memberikan tempat berteduh bagi para jamaah haji dan tempat berkumpul dan berbagi cerita sembari bersantap. Lokasi ini, benteng dan desa, menjadi lebih penting lagi ketika Jalur Rel Hijazi dibangun pada awal abad ke-20.

Meski dinamakan Dhat Al-Hajj, benteng ini tidak hanya menjadi tempat berkumpul para jamaah haji. Di luar musim haji, benteng ini pun tetap ramai digunakan sebagai tempat peristirahatan para pedagang yang menyusuri Shami Hajj.



Sumber : okezone.com

0 comments: