Geger Buruh Migran asal Lotim Diduga Dianiaya Majikan Lalu Dipulangkan

Jumat, Juli 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Polda NTB dan Polres Lombok Timur (Lotim) akan menyelidiki kasus dugaan penganiayaan pekerja migran yang bekerja di Arab Saudi. Marwiyah kemungkinan dipulangkan dan diduga ada tindak pidana penganiayaan dari majikannya. 

Atase Kepolisian RI untuk Arab Saudi Kombes Pol Erick Hermawan menjelaskan bahwa Marwiyah pulang ke Indonesia tanpa koordinasi dengan KJRI Jeddah maupun KBRI Indonesia. Keberadaannya diketahui setelah adanya laporan dari BP2MI di Jakarta dan KBRI. 

Kemungkinan Marwiyah dipulangkan langsung oleh majikannya dan diduga ada tindak pidana penganiayaan dari majikannya. BP2MI Mataram akan melakukan koordinasi dengan Polres Lotim dan pihak terkait untuk melakukan penelusuran lebih lanjut dikarenakan belum ada keterangan yang pasti dari pihak Marwiyah. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, mengungkapkan bahwa Polda NTB dan Polres Lotim sangat atensi permasalahan ini. Sedangkan Kapolres Lotim AKBP Tunggul Sinatrio, menuturkan akan melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

“Kami telah menemukan informasi tentang keluarga PMI tersebut, oleh keluarga melihat adanya indikasi tindak pidana penganiayaan sehingga melaporkan ke Polres Lotim,” kata Tunggul.

“Kami Polres Lotim juga akan melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut dan akan mengungkap apakah ada kemungkinan Marwiyah tersebut menjadi korban perdagangan orang," tuturnya.

Sedangkan Kadisnakertrans Kabupaten Lotim mengungkapkan bahwa Marwiyah tidak terdaftar dalam sistem. Namun, mereka akan membuatkan surat kuasa agar hak-hak Marwiyah dapat terpenuhi.




Sumber : iNewsNTB.id

0 comments: