Horor RS Jiwa Gonjiam yang Bikin Penasaran Para Pemburu Hantu

Selasa, Juli 06, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Turis biasanya memilih tempat wisata yang bebas dari faktor menakutkan, seperti tingginya tingkat kriminal atau kisah mistis. Tapi ada juga turis yang justru semangat datang untuk wisata ke suatu tempat yang terkenal akan kengeriannya.

Oleh karena itu, dark tourism alias wisata kelam, belakangan ini kian populer. Bahkan di Korea Selatan ada banyak operator tur wisata yang menggelarnya.

Salah satu rute dark tourism di Negara Ginseng ialah Rumah Sakit Psikiatri Gonjiam.

Rumah Sakit Psikiatri Gonjiam bahkan menempati peringkat teratas dalam daftar "tempat paling aneh di dunia" versi CNN pada tahun 2019. Penduduk Korea Selatan juga rasanya telah akrab dengan beragam kisah horor yang berkembang dari tempat ini.

Yang paling banyak ditulis media ialah mengenai kabar burung kematian misterius para pasien dan staf rumah sakit mental ini hingga keberadaan dokter gila. Namun masih banyak lagi kisah yang ternyata palsu sekaligus mengada-ngada.

Faktanya, Rumah Sakit Psikiatri Gonjiam telah ditutup sejak tahun 1990-an. Faktor biaya membuat rumah sakit ini berhenti beroperasi.

Ditambah lagi dengan masalah kebersihan dan pembuangan limbah yang tercatat mengkhawatirkan.

Mengutip Atlas Obscura, sang pemilik rumah sakit telah meninggalkan Korea Selatan tanpa menitipkan dokumentasi mengenai keberlanjutan bangunan ini. Akhirnya, tempat ini terbengkalai.

Sejak bangunannya mulai rusak dan ditumbuhi ilalang, kisah seram mulai menggerayangi. Orang-orang yang penasaran berdatangan, terutama para pemburu hantu.

Mereka yang mengaku bisa melihat arwah mengatakan kalau banyak penampakan hantu pasien dan staf di setiap sudut bangunannya. Tak sedikit yang berperawakan mengerikan dan masih mengenakan baju rumah sakit. Penampakan hantu dokter juga kadang muncul.

Rumah Sakit Jiwa Gonjiam secara teknis tertutup untuk umum dan penduduk setempat tidak mendorong wisatawan atau memberikan arahan ke rumah sakit jiwa dengan sukarela. Tetapi kira-kira seribu orang masuk dan berkeliaran di areanya setiap tahunnya.

Walau telah rusak parah, bangunannya masih berdiri dan bisa dimasuki.

Saat masuk ke dalamnya, bakal terlihat mesin dan perabot yang berkarat hingga baju-baju yang masih tergantung - termasuk tempat tidur yang membuat bulu kuduk merinding.

Pemandangan angker di Rumah Sakit Psikiatri Gonjiam akhirnya menginspirasi film karya sutradara Jung Bum-shik yang berjudul 'Gonjiam: Haunted Asylum'.

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini dibintangi oleh Wi Ha-joon, Park Ji-hyun, Oh Ah-yeon, Moon Ye-won, Park Sung-hoon, Yoo Je-yoon, Lee Seung-wook dan Park Ji-a.

Film ini berkisah mengenai kru seri web horor yang melakukan perjalanan ke rumah sakit jiwa untuk siaran langsung demi menaikkan jumlah penonton dan mendulang ketenaran.

Setelah dirilis, film dengan genre horor ini cukup sukses, bahkan hingga Amerika Serikat, sehingga menjadi film horor ketiga yang paling banyak ditonton di Korea Selatan setelah 'A Tale of Two Sisters' and 'Phone'.



Sumber : CNN Indonesia

0 comments: