Ilmuwan Temukan Kerangka Manusia Berusia 1.000 Tahun Era Byzantium

Sabtu, Juli 03, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 07 02 406 2434378 ilmuwan-temukan-kerangka-manusia-berusia-1-000-tahun-era-byzantium-tkLMkTQKQD.JPG

KERANGKA manusia yang diperkirakan berusia 1.000 tahun secara mengejutkan ditemukan dalam kegiatan penggalian di kota kuno Perre, sebelah tenggara Provinsi Adiyaman, Turki.

Penggalian berlangsung di kota kuno Perre, yang terletak di lingkungan Renli, salah satu dari lima kota terbesar di Kerajaaan Commagene.

Pada penggalian yang dilakukan di pusat kota kuno Perre, sebuah kuburan yang dikelilingi oleh batu-batu milik periode Byzantium akhirnya ditemukan. Di dekat kuburan tersebut, ditemukan juga tembikar atau gerabah.

“Kami menemukan struktur pemakaman yang menarik di sini. Struktur pemakaman ini dikelilingi oleh batu dan kerangka laki-laki yang terbaring (telentang) di dalamnya. Selain itu, ditemukan juga gerabah di dekat makam. Dalam penyelidikan ini, kami pastikan bahwa kerangka manusia tersebut sudah berusia 1.000 tahun, yakni periode Byzantium," ungkap Direktur Museum Adiyaman, Mehmet Alkan, menyitir Daily Sabah, Jumat (2/7/2021).

Perre merupakan kota yang memegang kepentingan agama dan geopolitik pada periode kuno. Keindahan air pada kota ini disebutkan dalam sumber Romawi kuno, dan air mancur Romawi (tempat air mengalir-red), masih digunakan hingga saat ini. Kota ini digunakan sebagai tempat peristirahatan oleh para kafilah, wisatawan dan para tentara.

Kota kuno kehilangan arti pentingnya setelah periode Byzantium dan tidak pernah mendapatkan kembali masa kejayaannya. Makam batu menjadi daya tarik utama Kota Perre, diukir di bebatuan serta memiliki penampilan yang indah.

Selain itu, mozaik besar yang ditemukan di kota ini memiliki motif hati yang menarik, figur bola dunia tiga dimensi, dan modul geometris segi delapan.


Sumber : okezone

0 comments: