Ini 4 Hal yang Perlu Dihindari ketika Isoman di Rumah

Rabu, Juli 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Masyarakat diimbau untuk mengikuti instruksi penggunaan obat dengan ketat dan jangan melakukan pengobatan sendiri tanpa dampingan tenaga medis. / Foto: ilustrasi/ist


Ledakan Covid-19 semakin tidak terkendali. Per Selasa (6/7) tercatat Covid-19 naik lebih dari 30 ribu kasus dalam kurun waktu satu hari. Alhasil banyak masyarakat dengan gejala ringan atau tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri di rumah.



Meski demikian, hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala, masyarakat diharap tidak menganggap remeh Covid-19 . Sebab dalam beberapa kasus, Covid-19 bisa berubah menjadi berat dan menyebabkan infeksi bakteri sekunder dan jamur.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) @kemenkes_ri, Selasa (6/7), jika mengalami infeksi, ada baiknya segera segera melapor kepada tenaga kesehatan. Nantinya, tenaga kesehatan akan menyarankan antibiotik atau antijamur.

Masyarakat diimbau untuk mengikuti instruksi penggunaan obat dengan ketat dan jangan melakukan pengobatan sendiri tanpa dampingan tenaga medis. Berikut ada empat hal yang wajib Anda hindari selama melakukan isolasi mandiri di rumah.

1. Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotik

Covid-19 disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak berdampak pada virus.

2. Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan steroid

Penggunaan berlebih steroid dapat berdampak serius dan mengancam nyawa, termasuk infeksi mukormikosis (jamur hitam).

3. Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan obat lain tanpa anjuran dari tenaga kesehatan.

4. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan penggunaan hidroksiklorokuin, lopinavir, dan ritonavir.




Sumber : sindonews.com

0 comments: