Ini Daftar Negara yang Larang WNI Masuk ke Wilayahnya

Jumat, Juli 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah negara memperketat aturan perjalanan dengan melarang WNI masuk.

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah negara memperketat aturan perjalanan dengan melarang warga negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya. 

Dikutip dari laman Peta Sebaran Covid-19, per-Senin 12 Juli 2021 jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 2,567,630, kasus aktif 380,797, sembuh 2,119,478, vaksinasi pertama 36,368191 dan vaksinasi kedua 15,036,468.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini negara yang belum memperbolehkan WNI masuk ke wilayahnya dan harus menunggu dalam waktu yang belum ditentukan.

Singapura menjadi salah satu negara yang memperketat izin masuknya WNI masuk ke wilayahnya selama pandemi.

"Kebijakan ini akan efektif berlaku per 12 Juli 2021," ujar Kementerian Kesehatan Singapura dalam keterangan persnya, Sabtu.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan bahwa mereka yang dalam 21 hari terakhir (sejak kebijakan berlaku) sempat berkunjung ke Indonesia, tidak akan diizinkan untuk transit via Singapura.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA), mulai melarang masuk WNI pada Minggu, 11 Juli 2021 lalu. Akan tetapi ini tidak berlaku bagi penerbangan transit, bagi warga Indonesia yang akan melakukan perjalanan penerbangan ke negara selanjutnya.

Selain itu, bagi WNI yang akan datang ke Uni Emirat Arab dengan tujuan diplomatik atau pengobatan, maka mendapatkan pengecualian. Serta mereka dapat menurunkan surat-surat yang menunjukkan bahwa ada hal yang darurat.

Arab Saudi

Kemudian ada Arab Saudi, sejak Februari tahun lalu melarang penerbangan internasional karena pandemi Covid-19. Serta kini membatasi Jumlah jamaah yang akan melakukan ibadah umrah atau haji.

Akan tetapi WNI masih belum mendapatkan izin untuk datang ke Tanah Suci ini. Akan tetapi bagi warga Indonesia bekeperluan penting, masih bisa memasuki wilayah Arab Saudi ini.

Hong Kong

Indonesia masuk ke dalam kategori warga A1, atau memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Maka dari itu pemerintah Hong Kong melarang semua penerbangan dari Indonesia sejak 25 Juni 2021.

Hal ini juga berlaku bagi yang ingin memberangkatkan warganya untuk jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).  

Uni Eropa
Data terbaru yang dirilis oleh Uni Eropa pada 18 Juni 2021 menampilkan sejumlah negara telah dicabut larangannya, termasuk Singapura, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang. Namun, tak ada Indonesia dalam daftar itu.



Sumber : IDX Channel

0 comments: