Jangan Asal Masuk Bisnis Baru Saat Pandemi

Jumat, Juli 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Banyak pebisnis yang melihat peluang usaha baru dan mencoba berbisnis di masa pandemi COVID-19. Tidak hanya asal memulai bisnis baru, pakar marketing Hermawan Kartajaya berpesan wirausahawan harus memahami bisnis yang dijalaninya agar bertahan lama.

"Ya makanya kalau orang mau masuk bisnis baru itu mesti dihayati benar semuanya, tetapi kalau asal-asalan nanti akhirnya kehabisan kreativitas, kehabisan peluru, kehabisan akal sudah bingung. Makanya, orang suka keluar dari satu bisnis itu," jelas Hermawan Kartajaya dalam program d'Mentor, Rabu.

Hermawan juga mengingatkan bahwa pelaku usaha harus menghayati bisnis miliknya. Jika sudah mengerti, dia dapat mengembangkan lebih agar usahanya terus berjalan dan bertahan.

"Kalau orang yang mengerti bisnis itu sampai setengah mati tetap bertahan di situ dan dia akan mencari peluang dengan ide baru. Dia tidak terima begitu saja dan mencoba mencari partner baru atau akal baru sampai akhirnya dapat kesempatan baru lagi," tambahnya.

Sementara bagi pebisnis yang tidak terlalu mengerti bisnis yang dijalaninya dan merasa kesulitan untuk mempertahankannya, ia menyarankan lebih baik segera keluar dan mencari peluang baru.

"Prospek itu bukan tergantung hanya dari luarnya saja. Prospek itu dari luar ada dan dari dalam memang punya kemampuan ke situ," jelasnya.



Sumber : detikFinance

0 comments: