Jangan Terlalu Berharap pada Pasangan biar Tak Kecewa, Ini Tipsnya

Rabu, Juli 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Diperlakukan bak ratu (Foto: Pinterest)


BANYAK orang mungkin memiliki harapan yang sangat tinggi dari hubungan cinta yang mereka jalani. Mereka terlalu banyak berharap dengan pasangan.

Dr Prerna Kohli, seorang psikolog klinis dan pendiri MindTribe menjelaskan, jika seseorang mencari pasangan hanya untuk menyenangkan dirinya sesuai kemauan dan tuntutannya, maka sejatinya ia terlalu banyak berharap.

“Misalnya, jika Anda mencari pasangan untuk membuat Anda merasa istimewa, memahami saat Anda merasa sedih, atau Anda berharap pasangan memperlakukan Anda bak raja atau ratu, Anda mungkin orang yang terlalu banyak berharap," ujar Dr Prerna dikutip dari Femina India.

 pasangan

Oleh karena itu, Dr Prerna memberikan beberapa tips di bawah ini agar Anda tidak menjadi orang yang terlalu banyak berharap kepada pasangan. Sebab terlalu mengharapkan orang lain hanya akan membuat Anda menderita.

Berikut ini tipsnya agar tak jadi orang yang terlalu berharap pada pasangan. Simak ya!

1. Harga diri

Budaya kita mungkin telah membuat kita percaya bahwa seseorang perlu berkorban lebih banyak dalam suatu hubungan agar bisa bertahan lama. Ini mungkin benar. Namun, tidak dengan mengorbankan harga diri seseorang.

Misalnya, jika pasangan Anda membuat komentar jahat, sarkastik, atau sesuatu yang membuat Anda insecure, Anda harus tegas kepadanya. Jangan membiarkannya semena-mena atau terlalu mengalah dengan berharap dia tidak meninggalkan Anda. Milikilah harga diri tinggi supaya Anda tak diinjak-injak olehnya demi cinta.

2. Ekspresi

Cinta dapat diungkapkan dengan kata-kata, simbol (hadiah), gerak tubuh, sentuhan, dan waktu yang Anda habiskan bersama. Anda dan pasangan harus menentukan bentuk ekspresi. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan cara mereka menyentuh Anda, Anda harus mengomunikasikannya kepada mereka.

Menetapkan harapan yang tepat akan membuat mereka belajar lebih banyak tentang Anda serta membantu mereka memutuskan apakah mereka ingin bersama Anda atau tidak. Anda tak usah terlalu ngarep dan jadi budak cinta.

3. Keintiman sejati

Keintiman sejati lebih dari sekadar seks, ini tentang menjadi rentan satu sama lain. Melakukan percakapan yang mendalam, berbagi rahasia, perasaan serta keinginan satu sama lain tanpa merasa dihakimi. Dengan demikian, Anda dapat mengharapkan cinta tanpa syarat dari pasangan Anda.

4. Waktu berkualitas

Hubungan butuh waktu. Waktu yang Anda habiskan bersama dengan pasangan bertujuan untuk saling mengenal. Mencoba memahami suka atau tidak suka satu sama lain. Ini membutuhkan usaha, ketajaman, dan minat yang tulus.

Memang benar untuk mengharapkan waktu dari pasangan Anda. Tapi Anda tak berhak meminta seluruh waktunya sebab ia juga punya pekerjaan dan kehidupan lain. Jadilah pribadi yang mandiri dan tak bergantung secara emosional kepadanya.

5. Jangan ingin diperlakukan bak raja atau ratu

Ingat, hubungan Anda dengan kekasih adalah hubungan nyata, bukan dalam dongeng putri-putri yang indah. Jangan berharap pasangan memperlakukan Anda bak raja atau ratu, sebab hal itu hanya akan menimbulkan ilusi yang tak jadi nyata. Akibatnya Anda jadi kecewa berat. Realistislah dalam memandang sebuah hubungan cinta, pakai logika Anda, jangan cuma perasaan.



Sumber : okezone.com

0 comments: