Kebakaran di RS Rujukan COVID-19 Irak, 44 Orang Tewas

Selasa, Juli 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments




      Setidaknya 44 orang tewas dan 67 lainnya luka-luka dalam kebakaran yang kemungkinan disebabkan oleh ledakan tangki oksigen di sebuah rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Nassiriya, Irak selatan.

Ini adalah kebakaran mematikan kedua di Irak dalam tiga bulan, seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa (13/7/2021).

Kebakaran yang terjadi di rumah sakit Al-Hussein pada Senin 12 Juli malam itu, berhasil dikendalikan oleh pasukan pertahanan sipil setempat.

Dalam menanggapi insiden itu, Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi mengadakan pertemuan mendesak dengan para menteri senior.

PM Mustafa al-Kadhimi juga memerintahkan penangguhan dan penangkapan manajer kesehatan dan pertahanan sipil di Nassiriya, kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

Manajer rumah sakit juga diskors dan diperintahkan untuk ditangkap, tambah pernyataan itu.

"Bencana Rumah Sakit Al-Hussein adalah bukti nyata kegagalan melindungi kehidupan warga Irak, dan inilah saatnya untuk mengakhiri ini," tulis Mohamed al-Halbousi, Ketua Parlemen Irak, di Twitter.

Pejabat kesehatan Irak, Haydar al-Zamili mengungkapkan kepada AFP bahwa "api juga menghanguskan bangsal isolasi COVID-19".

"Korban meninggal karena luka bakar dan pencarian masih berlanjut," terang al-Zamili.

Ditambahkannya juga, bahwa ada kekhawatiran para korban masih terjebak di dalam gedung. Diketahui, bangsal isolasi itu memiliki ruang untuk 70 tempat tidur.

Kementerian Dalam Negeri Irak mengatakan di Facebook pada Senin malam bahwa api melahap bangunan sementara yang didirikan di sebelah bangunan utama di Rumah Sakit, tetapi tidak merinci penyebabnya.

Sumber :liputan6

0 comments: