Lama Tak Terdengar, Calon Ibu Kota Negara Baru Mulai Bersolek Siapkan Destinasi Wisata

Rabu, Juli 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


LAMA tak terdengar kabarnya, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur mulai bersolek diri. Ya, daerah yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon ibu kota negara baru itu tengah sibuk menyiapkan destinasi wisata untuk menyambut pindahnya ibu kota negara ke wilayah itu.

"Saya sudah berbincang dengan pemilik objek wisata Danau Taman Buah ini untuk rencana pengembangannya," ujar Pendamping Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahaan dan Perdesaan Mandiri (P2KPM) Kabupaten PPU, Sunarti.

Sunarti adalah Pendamping Program P2KPM untuk Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam. Di antara tugasnya ialah mendampingi masyarakat untuk mengembangkan tiap potensi yang ada.

Untuk itu, Danau Taman Buah di Sotek yang kini telah memiliki berbagai fasilitas dan telah dibuka untuk umum tersebut, masih memiliki potensi untuk terus dikembangkan guna menambah daya tariknya.

Apalagi jika ibu kota negara sudah pindah ke PPU, tentu akan terjadi penambahan penduduk cukup banyak, sehingga kebutuhan untuk berwisata juga besar, maka keberadaan Danau Taman Buah tersebut berpotensi menarik pengunjuk lebih banyak.

"Jumlah warga di ibu kota negara baru nanti diperkirakan 1,5 juta jiwa yang terdiri atas ASN, pejabat eksekutif, legislatif, yudikatif, anggota TNI, Polri, bersama keluarga mereka. Mereka tentu perlu mengunjungi tempat wisata," tuturnya.

Objek wisata ini terletak di jalan poros Sotek menuju Kabupaten Kutai Barat. Sementara dari jalan utama Penajam-Sepaku (jalan provinsi), objek wisata ini berjarak sekitar 11 km.

Danau Taman Buah memiliki luas 5 hektare. Keunggulan yang bisa dinikmati saat ini adalah terdapat danau alam dangkal yang luasannya sekitar 1/3 dari total luas lahan wisata.

"Di danau sudah disiapkan fasilitas untuk anak-anak seperti perahu bebek dan tempat mandi. Sedangkan bagian darat terdapat aneka pohon buah khas Kalimantan seperti durian, lai, kelengkeng, dan lainnya yang bisa dipetik pengunjung," tandas Narti.



Sumber : Okezone Tv

0 comments: