Liburan ke Little India Singapura, Ini Sederet Aktivitas Seru Bisa Dinikmati Wisatawan Muslim

Selasa, Juli 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Little India Singapura (Visitsingapore.com)


SINGAPURA punya sederet destinasi wisata yang sering jadi tujuan tamsya turis dari berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satunya adalah Little India, kawasan wisata kaya budaya dan sejarah yang ramah terhadap wisatawan termasuk traveler Muslim.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan para wisatawan muslim saat menikmati Little India.

1. Wisata Religi Muslim

Satu hal yang unik dari Little India Singapura adalah Anda bisa menemukan banyak rumah ibadah dari berbagai agama dengan arsitektur yang khas.

Kawasan domisili masyarakat keturunan India di Singapura tersebut punya Masjid Abdul Gafoor, salah masjid tertua di Singapura yang telah berdiri sejak tahun 1800-an. Arsitektur masjid ini sangat indah dengan perpaduan gaya Barat dan kaligrafi Saracen.

Ilustrasi

Masjid Abdul Gafoor di Little India Singapura (Tripadvisor.com)

Selain itu, anda juga dapat mengunjungi Angullia Mosque, masjid yang berumur lebih dari 130 tahun. Tak jauh dari sana ada Mustafa Centre, toko serba ada yang terkenal di kalangan wisatawan Indonesia.

2. Wisata Kuliner Halal

Sebagai kawasan pemukiman masyarakat keturunan India, Little India Singapura adalah tempat terbaik untuk merasakan kuliner autentik India.

Bagi anda wisatawan muslim jangan khawatir, karena disini ada banyak makanan ramah Muslim yang terjamin halal, sehingga membuat kegiatan wisata kuliner Anda semakin nyaman.

Setidaknya terdapat 3 restoran terkenal di kawasan Little India yang menyediakan menu halal sebagai berikut :

- The Banana Leaf Apolo, restoran yang sangat populer seantero Singapura. Restoran legendaris sejak 1974 ini punya ciri khas menyajikan makanan India dengan alas daun pisang.

Hidangan yang disajikan dari daerah India bagian utara dan selatan. Makanan terkenal dari restoran ini adalah kari kepala ikan, ada juga nasi biryani, naan (roti pipih), dan taandori (BBQ khas India).

- Mustard Restaurant, terkenal sebagai restoran spesialis makanan Bengali dan Punjabi. Terkenal akan rasa makanan yang kaya, pedas dan buttery.

Bagi wisatawan muslim, anda bisa mencoba chingri macher malai curry (kari dengan udang) atau amritsari machhi (ikan goreng dengan saus kacang).

- Komala Vilas , adalah salah satu restoran vegetarian tertua di Singapura. Restoran ini kian terkenal karena dikunjungi Perdana Menteri India Narendra Modi pada 2015.

Spesialisasi makanannya dari India bagian selatan, dengan makanan andalan dosai (panekuk dari fermentasi beras dan lentil hitam) dan vadai (gorengan khas India).

3. Belajar Masak Makanan India

Jatuh cinta dengan makanan India? Cobalah belajar langsung memasak papadum (roti pipih khas India), vadai (gorengan khas India), acar mangga, kari sayuran, atau rasam (sup tomat khas India) dengan ahlinya di Little India Singapura.

Ada beberapa operator khusus kelas memasak, bahkan warga lokal yang membuka kelas memasak untuk turis mancanegara.

Sebelum memasak, anda akan diajak untuk membeli bahan masakan secara langsung di pasar tradisional Tekka Centre.

Ilustrasi

Anda juga akan diperkenalkan dengan berbagai bumbu rempah khas India yang kaya, cara memasak, dan menyantap makanan bersama.

Kelas memasak ini bisa dilakukan secara privat atau pun berkelompok. Serunya lagi aktivitas ini bisa Anda lakukan bersama anak-anak.

Harga paket kelas memasak di Little India sangat beragam, tergantung jenis dan banyaknya masakan, serta jumlah peserta.




Sumber : okezone.com

0 comments: