Manfaatkan Media Sosial, 5 Cara Kembangkan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, Juli 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Satu tahun setengah sudah pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Hal ini tentu memberikan dampak yang signifikan untuk beberapa sektor. Salah satunya adalah sektor kesehatan dan juga perekonomian. Banyak usaha kecil mengalami kerugian lantaran bisnis mereka tidak bisa beroperasi secara normal.

Namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk berhenti berusaha. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis di tengah pandemi Covid-19.  Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

Media sosial telah banyak membantu orang-orang mengembangkan bisnis online. Jadi, Himani Sharma, Co-Founder Media Binding Relations berbicara tentang beberapa cara untuk menumbuhkan kehadiran media sosial dari bisnis kecil Anda.

Cara mengembangkan bisnis online

Dilansir melalui Pinkvilla, bisnis dari semua ukuran menghadapi beban pandemi COVID-19 dengan penguncian berulang dan resesi ekonomi global.

Namun, kehadiran pengguna media sosial tumbuh secara eksponensial ketika orang menemukan hiburan di dunia maya untuk mengalihkan perhatian dari kenyataan yang luar biasa.

Oleh karena itu, bisnis perlu memanfaatkan kehadiran media sosial yang sedang booming untuk keuntungan mereka untuk tetap bertahan di tengah krisis COVID-19.

Media sosial adalah alat yang ampuh bagi usaha kecil untuk menjangkau audiens mereka guna membangun nilai merek dan membina hubungan yang langgeng dan setia dengan pelanggan dan prospek.

Berikut adalah beberapa strategi media sosial yang efektif untuk membangun kehadiran media sosial Anda yang dibagikan oleh Himani Sharma, Co-Founder Media Binding Relations.

Memilih jaringan yang tepat

Demi pertumbuhan media sosial yang sukses, penting untuk mengetahui jenis platform yang tepat, yang bergantung pada jenis audiens yang ingin Anda targetkan.

Jika Anda ingin terlibat dengan audiens yang tertarik dengan mode, seni, gaya hidup, dan perjalanan, media sosial Facebook, Instagram, dan Pinterest adalah pilihan sempurna.

Di sisi lain, LinkedIn adalah media terbaik untuk jaringan bisnis, Twitter untuk berbagi informasi sensitif waktu, sedangkan Snapchat untuk menyediakan konten yang dipersonalisasi.

Terlibat secara Aktif dengan Audiens

Media sosial adalah platform komunikasi dua arah sehingga hanya mengunggah dan berjalan pergi tidak akan membantu untuk membuat koneksi.

Pastikan untuk terlibat secara aktif dengan audiens Anda dengan mengomentari unggahan, memulai dan berpartisipasi dalam percakapan, berbagi informasi yang dibuat pengguna, menjawab pertanyaan audiens selama sesi langsung, dan memberikan umpan balik yang cepat.

Batasi konten promosi Anda

Meskipun niat Anda adalah untuk menjual produk atau layanan Anda, hanya mengunggah konten promosi tidak akan membantu membangun hubungan yang berarti dengan pelanggan.

Sebaliknya, pertahankan konten promosi Anda hingga 20 persen dan buat konten berharga yang memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran audiens.

Tunjukkan sisi manusia dari merek

Di era transparansi modern, orang ingin mengetahui merek pada tingkat yang lebih pribadi daripada berinteraksi dengan perusahaan tanpa wajah dengan kepribadian nol.

Jangan ragu untuk membagikan pengalaman pribadi, perjalanan, foto kantor, testimoni pelanggan, dan lainnya untuk membentuk koneksi yang sangat dibutuhkan.

Melacak aktivitas media sosial

Pantau kemajuan konten yang diunggah untuk menentukan apa yang bekerja dengan baik untuk audiens Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkan strategi media sosial untuk melibatkan audiens yang lebih luas.

Manfaatkan alat pemantauan canggih untuk mencari pola dalam konten yang paling banyak disukai, dibagikan, dikomentari, dan manfaatkan poin data ini sebaik mungkin.


Sumber : Suara.com

0 comments: